MEDIA ASNI FUROIDA, 084 121 326 (2016) PENGARUH TRADISI SIMA’AN Al-QUR’AN TERHADAP KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN ASH-SHIDDIQI PUTRI JEMBER TAHUN 2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
COVER.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (912kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (957kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (605kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (578kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Media Asni Furoida, 2016: Pengaruh Tradisi Sima’an Al-Qur’an Terhadap
Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri Tahfidz Di Pondok Pesantren Ash-Shiddiqi
Putri Jember Tahun 2016
Kesibukan sering kali menjadi alasan terhalangnya seseorang untuk
menjadi salah satu barisan para penghafal Al-Qur’an. Menghafal Al-Qur’an
dianggap suatu hal yang sangat mustahil. Akibat anggapan ini, banyak diantara
kita yang ciut nyalinya untuk memulai menghafal Al-Qur’an, dan bahkan banyak
yang menyerah sebelum mencobanya. Padahal pada saat ini tradisi sima’an AlQur’an
sudah
berlangsung
dimana-mana.
Apabila
kita
bisa
memanfaatkan
dengan
baik
maka sesering kita mengikuti kegiatan sima’an Al-Qur’an ini secara tidak
langsung kita akan hafal dan memperbaiki bacaan Al-Qur’an yang kita miliki.
Rumusan masalah dalam penelitian ini secara umum yaitu adakah
pengaruh tradisi sima’an Al-Qur’an terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an santri
tahfidz di Pondok Pesantren Ash-Shiddiqi Putri Jember tahun 2016?. Sedangkan
secara khusus dibagi menjadi dua sub masalah, yaitu: 1) adakah pengaruh tradisi
sima’an Al-Qur’an terhadap kecepatan menghafal Al-Qur’an santri tahfidz di
Pondok Pesantren Ash-Shiddiqi Putri Jember tahun 2016? 2) adakah pengaruh
tradisi sima’an Al-Qur’an terhadap kelancaran menghafal Al-Qur’an santri tahfidz
di Pondok Pesantren Ash-Shiddiqi Putri Jember tahun 2016?
Adapun tujuan yang dilakukan dalam penelitian ini secara umum adalah
untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tradisi sima’an Al-Qur’an terhadap
kualitas hafalan Al-Qur’an santri tahfidz di Pondok Pesantren Ash-Shiddiqi Putri
Jember tahun 2016. Sedangkan secara khusus dibagi menjadi dua, yaitu: 1) ada
tidaknya pengaruh tradisi sima’an Al-Qur’an terhadap kecepatan menghafal AlQur’an
santri tahfidz di Pondok Pesantren Ash-Shiddiqi Putri Jember tahun 2016.
2) ada tidaknya pengaruh tradisi sima’an Al-Qur’an terhadap kelancaran
menghafal Al-Qur’an santri tahfidz di Pondok Pesantren Ash-Shiddiqi Putri
Jember tahun 2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
lapangan (field research). Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dengan
menggunakan analisis regresi linier sederhana. Dalam analisis regresi linier
sederhana ada tiga hal yang harus diperhatikan yaitu: Uji Asumsi Klasik, Uji
Koefisien Determinasi (R
2
), dan Uji t. Sebelum melakukan analisis regresi linier
sederhana terlebih dahulu data diuji validitas dan reliabilitasnya.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan secara umum yaitu ada pengaruh
yang positif dan signifikan antara tradisi sima’an Al-Qur’an terhadap kualitas
hafalan sebesar 0,763. Sedangkan secara khusus dibagi menjadi dua: 1) ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara tradisi sima’an Al-Qur’an terhadap
kecepatan menghafal sebesar 0,655. 2) ada pengaruh yang positif dan signifikan
antara tradisi sima’an Al-Qur’an terhadap kelancaran menghafal sebesar 0,686
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TRADISI SIMA’AN |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 03:36 |
Last Modified: | 18 Sep 2017 03:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/64 |
Actions (login required)
View Item |