Internalisasi Nilai-nilai Ahlus Sunnah Wal jamaah dalam Mencegah Sikap Ekstrimisme pada Anak di MIMA KH. Shiddiq Jember dan Sd darus Sholah Jember

Leny, Marinda Internalisasi Nilai-nilai Ahlus Sunnah Wal jamaah dalam Mencegah Sikap Ekstrimisme pada Anak di MIMA KH. Shiddiq Jember dan Sd darus Sholah Jember. Indonesian Journal of Islamic Teaching. (Unpublished)

[img] Text
LENY MARINDA_0849418001.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Leny Marinda, 2022, Internalisasi Nilai-nilai Ahlus Sunnah Wal Jamaah dalam Mencegah Sikap Ekstrimisme pada Anak di MIMA 01 KH. Shiddiq 01 Jember dan SD Darus Sholah Jember. Tesis. Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Jember KH. Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I Dr. H. Moh. Sahlan, M.Ag., Pembimbing II Dr. H. Saihan, S.Ag, M.Pd.I

Kata kunci: Nilai Ahlus Sunnah Wal Jamaah

Peserta didik SD/MI yang berada pada fase operasional konkrit. Pada fase ini pembelajaran akan menjadi bermakna jika berdekatan dengan kebutuhan hidup sehari-hari. Kebutuhan akan kedamaian dan keharmonisan dalam corak kultur yang berbeda sebagai salah satu alasan untuk melakukan upaya pencegahan sikap ekstrimisme, Baik itu ekstrimisme beragama, sosial, etnis maupun politik. Upaya ini dapat dilakukan melalui mata pelajaran ahlus sunnah wal jamaah yang memiliki corak pemikiran tawasuth, tasammuh, tawazun, I’tidal dan amar makruf nahi mungkar. MIMA KH. Shiddiq 01 Jember dan SD Darus Sholah Jember merupakan dua lembaga pendidikan yang memasukkan mata pelajaran ahlus sunnah wal jamaah dalam kurikulum pendidikan.
Penelitian ini menjawab fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai at-tawasuth wal-i’tidal (moderat dan percaya diri) dalam mencegah sikap ekstrimisme peserta didik di MIMA 01 KH Shiddiq dan SD Darus Sholah Jember?; 2) Bagaimana internalisasi tasamuh (toleran) dalam mencegah sikap ekstrimisme peserta didik di MIMA 01 KH Shiddiq dan SD Darus Sholah Jember?; 3) Bagaimana internalisasi at-tawazun (seimbang) dalam mencegah sikap ekstrimisme peserta didik di MIMA 01 KH Shiddiq dan SD Darus Sholah Jember?
Tujuan penelitian ini adalah : mendeskripsikan dan menganalisis Bagaimana internalisasi nilai-nilai at-tawasuth wal-i’tidal (moderat dan percaya diri), tasammuh (toleran) dan tawazun (seimbang) dalam mencegah sikap ekstrimisme peserta didik di MIMA 01 KH Shiddiq dan SD Darus Sholah Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Milles dan Huberman. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian ini Pertama, tahap transformasi nilai dilakukan dengan cara memberikan penjelasan dan materi dalam kelas tentang nilai-nilai Aswaja baik dalam mata pelajaran Aswaja maupun mata pelajaran lainnya. Kedua, tahap transaksi nilai yang dilakukan dengan cara metode keteladanan atau role model guru dan orang tua tentang nilai-nilai aswaja kepada anak. Ketiga, tahap transinternalisasi dilakukan dengan metode pembiasaan sehingga nilai-nilai tersebut menjadi kebiasaan dan karakter yang melekat pada diri anak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai Ahlus Sunnah Wal Jamaah, Sikap Ekstrimisme
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: Mrs Leny marinda
Date Deposited: 19 May 2022 07:24
Last Modified: 19 May 2022 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6417

Actions (login required)

View Item View Item