Ainul Akin, Akin and Moh Aklil Almas, Almas and Fifin Miftahur Rohmah, Fifin and Dwi Wulan dari, Wulan (2022) Pengembangan Ekstrakulikuler keagamaan dalam Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di SMA 04 Ma'arif Perintis Tempurejo tahun pelajaran 2021/2022. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Khas Jember.
Text
SKRIPSI MAULA.pdf Download (5MB) |
Abstract
Maula Putri Min Ayatillah, Dr. Mashudi, M.Pd., 2021. Pengembangan Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas 04 Ma'arif Perintis Tempurejo Tahun Pelajaran 2021/ 2022.
Ekstrakurikuler merupakan suatu rangkaian pendidikan yang dilaksanakan diluar jam pelajaran yang bersifat untuk mendidik serta mengembangkan potensi, bakat dan minat peserta didik. Dalam upaya menumbuhkan potensi serta bakat minat dalam nilai-nilai pendidikan agama islam tersebut, maka diperlukan sebuah ekstrakurikuler keagamaan. Selai sebagai penunjang potensi keagamaan peserta didik, ekstrakurikuler ini juga berguna untuk mengurangi hal-hal negatif serta menumbuhkan hal-hal positif. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersbeut, maka diperlukan sebuah pengembangan dalam ekstrakurikuler keagamaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengembangan Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam yang telah difokuskan dalam fokus penelitian yaitu (1) Bagaimana Pengorganisasian Pengembangan Ektrakulikuler Keagamaan di Sekolah Menengah Atas 04 Ma’arif Perintis Tempurejo Tahun Pelajaran 2021 / 2022? (2) Bagaimana Pelaksanaan Pengembangan Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Nilai – Nilai Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas 04 Ma’arif Perintis Tempurejo Tahun Pelajaran 2021 / 2022? (3) Bagaimanakah Penguatan Nilai- Nilai Pendidikan Agama Islam Siswa SMA 04 Ma’arif Perintis Melalui Program Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi partispasi aktif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Milles Huberman & Saldana dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Temuan penelitian ini adalah: pertama; Dalam pengorganisasian yang dilakukan oleh Sekolah untuk mengembangkan ekstrakulikuler menggunakan pengorganisaian agar kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan berjalan secara efektif dan tersetruktyuk karena setiap penanggung jawab mempunyai tugas yang diemban secara masing-masing dan kewajiban yang harus dilaksanakan dengan tujuan dan maksud yang sama untuk lebih mengembangkan kegiatan ekstrakulikuler keagamaan. Kedua; Dalam pelaksanaan pengembangan ekstrakurikuler keagamaan dalam nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas 04 Ma’arif Perintis Tempurejo ini dengan cara: sebelum memulai latihan, pelatih terlebih dahulu memberikan kajian keislaman agar semua siswa menanamkan pendidikan agama Islam dengan baik dengan cara menghargai, Ketiga; Dalam penguatan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam siswa SMA 04 Ma’arif Perintis melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan ini dengan cara memberikan pengetahuan yang bersifat religi, benar-benar membimbing, melatih serta memperhatikan terutama dalam hal perilaku dan tutur kata. Karena kegiatan ekstarkurikuler keagmaaan ini sendiri di kembangkan guna menanamkan nilai-nilai pendidikan agama berbasis Islam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Ekstrakulikuler keagamaan dalam Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di SMA 04 Ma'arif perintis tempurejo tahun pelajaran 2021/ 2022 |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Maula Putri min Ayatillah |
Date Deposited: | 18 May 2022 02:32 |
Last Modified: | 18 May 2022 02:32 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6455 |
Actions (login required)
View Item |