SITI MAIMUNAH, - (2021) Model Kepemimpinan Ny. Zulfa Badri Dalam Meningkatkan Pelayanan Bagi Calon Jamaah Haji Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Umroh (KBIHU) Nurul Haramain Kab.Probolinggo. Undergraduate thesis, Fakultas Dakwah Program Studi Manajemen Dakwah.
Text
SITI MAIMUNAH_D20164028.pdf Download (6MB) |
Abstract
Siti Maimunah, 2020. Model Kepemimpinan Ny. Zulfa Badri Dalam Meningkatkan Pelayanan Bagi Calon Jamaah Haji Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Umroh (KBIHU) Nurul Haramain Kab.Probolinggo Kata Kunci : Model Kepemimpinan, Pelayanan, Calon Jama’ah Haji Pemimpin adalah seseorang yang memiliki kemampuan memimpin, yaitu memiliki kemampuan untuk memengaruhi orang lain atau kelompok .Dalam organisasi seorang pemimpin dituntut memiliki sifat-sifat, model kepemimpinan, gaya kepemimpian cara yang baik dan bijak, cerdas dan efektif dalam menjalankan organisasi yang dipimpinnya. Selain itu pemimpin memberikan pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain secara langsung, pelayanan sebagai usaha melayani kebutuhan orang lain.sedangkan melayani adalah membantu menyiapkan (mengurus) apa yang diperlukan seseorang. Pelayanan itu sendiri didefinisikan sebagai suatu kinerja pelayanan yang dirasakan pelanggan serta penilaian kualitas layanan yang sungguh-sungguh dirasakan pelanggan. Kehadiran Kinerja Pelayanan merupakan evaluasi kualitas layanan. Kualitas layanan itu sendiri didefinisikan usaha mencukupi keinginan serta kebutuhan pelanggan sehingga terjadi penyeimbangan pelanggan. Jika penerimaan layanan melebihi harapan konsumen, dapat dikatakan bahwa kualitas layanan dianggap cukup baik lagi memuaskan fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana model kepemimpinan Ny. Zulfa Badri dalam meningkatkan pelayanan bagi calon jama’ah haji KBIHU Nurul Haramain kabupaten Probolinggo? 2). Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Kepemimpinan Ny. Zulfa Badri di KBIHU Nurul Haramain Kabupaten.Probolinggo? Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yang jenisnya deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan menggunakan observasi partisipan pasif, wawancara semistruktur dan dokumentasi. Yang dianalisis dengan pengumpulan data, kondensasi data, tampilan data dan penyajian data. Untuk keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kepemimpinan Ny. Zulfa Badri termasuk dalam kategori model kepemimpinan yang demokratis dan situasional.model kepemimpinan demokratis yang diterapkan oleh Ny. Zulfa Badri adalah dengan selalu bermusyawarah kepada pengurusnya dalam setiap mengambil keputusan. Kepemimpinan yang diterapkan oleh Ny. Zulfa Badri terbukti efektif karena dapat dilihat dari kemajuan lembaga dan peningkatan jumlah jama’ah dari setiap pelatihan manasik. Ny.Zulfa Badri juga menggunakan model kepemimpinan situasional, yaitu pemilihan gaya kepemimpinan dalam menghadapi situasi tertentu.Adapun Faktor pendukung model kepemimpinan Ny. Zulfa Badri dalam meningkatkan pelayanan ibadah haji dan umrah adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berpengalaman, faktor keluarga, sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tingkat SDM (Sumber Daya) jama’ah yang berbeda-beda, tingkat pemahaman dan pengetahuan yang kurang, Tingkat usia jama’ah yang bervariasi atau usia lanjut calon jama’ah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 18 May 2022 07:58 |
Last Modified: | 18 May 2022 07:58 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6474 |
Actions (login required)
View Item |