Peran Pengasuh Dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri Anak Asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Darul Aitam Jember

Nur Kholisatus Sa’adah, - (2021) Peran Pengasuh Dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri Anak Asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Darul Aitam Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Dakwah Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam.

[img] Text
Nur Kholisatus Sa’adah_D20163059.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nur Kholisatus Sa’adah, 2021: Peran Pengasuh Dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri Anak Asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Darul Aitam Jember Kepercayaan diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang berupa akan keyakinan dan kemampuan diri seseorang sehingga tidak terpengaruh oleh orang lain. Berkembangnya rasa percaya diri atau citra diri yang positif pada diri anak sangatlah penting untuk kebahagiaan dan kesuksesan anak dimasa sekarang hingga dimasa mendatang. Anak yang mempunyai kepercayaan diri yang tinggi akan merasa nyaman dengan dirinya sendiri, cenderung mengetahui potensi yang ada pada dirinya, dapat bersosialisasi, dan berkomunikasi baik dengan orang lain. Oleh sebab itu para pengasuh dalam lembaga ini harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh anak asuh. Sehingga dapat menentukan cara seperti apa yang efektif untuk diterapkan, mengingat anak asuh yang berada di lembaga yang akan dihadapi sangat heterogen dari berbagai masalah yang dialami. Fokus masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Kepercayaan diri anak asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Darul Aitam Kebonsari Jember. 2) Bagaimana Peran Pengasuh dalam mengembangkan kepercayaan diri anak asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Darul Aitam Kebonsari Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui Kepercayaan diri anak asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Darul Aitam Kebonsari Jember. 2) Mengetahui Peran Pengasuh dalam mengembangkan kepercayaan diri anak asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Darul Aitam Kebonsari Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian dilakukan dengan purposive sampling. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.. Penelitian memperoleh hasil yang menunjukkan bahwa : adanya perkembangan yang baik terkait kepercayaan diri anak asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Darul Aitam Jember ada kaitannya dengan adanya Peran pengasuh yang menerapkan teknik atau cara meliputi modifikasi perilaku, pemberian reward atau punishment, dan latihan keterampilan sosial. Cara tersebut meliputi modifikasi perilaku seperti mengubah perilaku anak yang masih kurang baik menjadi lebih baik, yang disertai penguatan sepereti mensuport agar anak merasa ada pengakuan dari pengasuh. Pemberian reward seperti diberikannya hadiah kepada anak yang sudah mengalami perubahan yang lebih baik , dan punishment diberikan untuk efek jera ketika anak masih melakukan pelanggaran. Keterampilan sosial diberikan seperti pelatihan untuk anak asuh membiasakan berbicara di depan umum, dan menyampaikan pendapatnya. Katakunci: Peran Pengsuh, Kepercayaan Diri, Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Darul Aitam Kebonsari Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 20 May 2022 02:00
Last Modified: 20 May 2022 02:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6554

Actions (login required)

View Item View Item