PERAN KIAI DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN PESANTREN MIFTAHUL ULUM SUMBER TAMAN DESA GLAGAHWERO KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER

ANIS, MOHAMMAD (2022) PERAN KIAI DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN PESANTREN MIFTAHUL ULUM SUMBER TAMAN DESA GLAGAHWERO KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER. Masters thesis, PASCASARJANA UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
MOHAMMAD ANIS_0849319061.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK

Mohammad Anis, 2022. Peran Kiai Dalam Mengembangkan Pendidikan Pesantren Miftahul Ulum Sumber Taman Desa Glagahwero-Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Tesis, Progran Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri KH. Achmad Shiddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Ubaidillah, M. Ag., Pembimbing II: Dr. H. Pujiono, M. Ag.

Kata Kunci: Peran Kiai, Pengembanagan, Pesantren.

Pesantren sabagai lembaga pendidikan memiliki ciri khas tersendiri, sehingga pesantren dapat dibedakan dengan lembaga pendidikan lainnya yang non pesantren. Pengelolaan pendidikan pesantren tidak dapat dilepaskan dari peran kiai. Kiai memiliki peran utama yang menentukan segala jalannya pengelolaan pesantren. Kiailah yang mengendalikan dan menentukan segalanya di pesantren. Kiai telah menunjukkan kesuksesannya dalam mengelola pesantren, dari dulu mulai awal beridiri hingga saat ini dalam menghadapi berbagai perkembangan.
Fokus penelitian ini membahas: 1). Bagaimana peran kiai dalam mengembangkan kurikulum pesantren Miftahul Ulum Sumber Taman Desa Glagahwero Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. 2). Bagaimana peran kiai dalam mengembangkan metode pembelajaran pesantren Miftahul Ulum Sumber Taman Desa Glagahwero Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif, sehingga data-data yang dihasilkan tidak berupa angka, akan tetapi berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Lokasi penelitian ini di Pesantren Miftahul Ulum Sumber Taman Desa Glagahwero Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Informan yang akan diwawancarai dalam penelitian ini adalah pengasuh pesantren, pengurus, pengurus yayasan, serta para asatidz dan alumni. Tehnik pengumpulan data menggunakan: (1) Wawancara, (2) Observasi, dan (3) Dokumentasi. Tehnik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode MiIes dan Huberman yang meliputi Data Collection, Data Condentation, Data Display. And drawing and verifying conclution. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi tehnik dan member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, Peran Kiai dalam mengembangkan Kurikulum Pendidikan Pesantren Miftahul Ulum Sumber Taman Desa Glagahwero Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember, dengan tahapan sebagai berikut: a. Menentukan Tujuan Pendidikan (0bjectives), b. Menentukan proses pembelajaran (Selecting Learning Experience), c. Pelaksanaan/ menentukan organisasi pengalaman belajar (organizing learning experiences), d. Pelaksanaan evaluasi/ Menentukan evaluasi pembelajaran (evaluation), Kedua, Peran Kiai dalam mengembangkan Metode Pembelajaran Pendidikan Pesantren Miftahul Ulum Sumber Taman Desa Glagahwero Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember, a. Menentukan dan Menjelasan Materi, b. Pelaksanaan dan Belajar Kelompok, c. Penilaian/Evaluasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr MOHAMMAD ANIS
Date Deposited: 20 May 2022 02:52
Last Modified: 25 May 2022 02:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6558

Actions (login required)

View Item View Item