Youtube sebagai Media Bimbingan dan Konseling dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler pada Anak Tuna Rungu di SMALB- BCD YPAC Jember.

Mufidatur Rohmah, - (2020) Youtube sebagai Media Bimbingan dan Konseling dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler pada Anak Tuna Rungu di SMALB- BCD YPAC Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Dakwah Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam.

[img] Text
Mufidatur Rohmah_D20163062.pdf

Download (8MB)

Abstract

Mufidatur Rohmah, 2020: Youtube sebagai Media Bimbingan dan Konseling dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler pada Anak Tuna Rungu di SMALB- BCD YPAC Jember. Kata kunci: SMALB-BCD, tuna rungu, bimbingan konseling, youtube, subtitle, tutorial, dan ekstrakurikuler. SMALB-BCD YPAC Jember merupakan salah satu sekolah sekaligus yayasan pembinaan anak cacat (YPAC) yang ada di Jember. Bagi anak tuna rungu yang memiliki keterbatasan pendengaran, mereka hanya bisa menggunakan media youtube dengan visual. Di dalam video youtube sudah tersedia tulisan dan ada. yang menggunakan gerakan tangan (lutorial). Youtube juga dimanfaatkan sebagai media alternatif pembelajaran ekstrakurikuler bagi anak tuna rungu itu sendiri Mereka bisa belajar seni kriya, pramuka, dan ekstrakurikuler lainnya dengan imenggunakan youtube. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana media youtube digunakan sebagai media bimbingan dan konseling dalam pembelajaran ekstrakurikuler pada anak tuna rungu di SMALB-BCD YPAC Jember?, 2) Bagaimana efektivitas bimbingan dan konseling dalam pembelajaran ekstrakurikuler menggunakan youtube pada anak tuna rungu di SMALB-BCD YPAC Jember. Tujuan penclitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui youtube digunakan sebagai media bimbingan dan konseling dalam pembelajaran ekstrakurikuler pada anak tuna rungu dengan menggunakan media youtube di SMALB-BCD YPAC Jember, 2) Untuk mengetahui efektivitas bimbingan konseling dalam pembelajaran ekstrakurikuler anak tuna rungu di SMALB-BCD YPAC Jember Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi dengan menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan subjeknya. Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari kegiatan ekstrakurikuler menggunakan youtube efektif, karena mampu mengembangkan potensi anak tuna rungu di SMALB-BCD YPAC Jember Ketika video youtube yang dilihat tidak menyediakan subtitle atau tutorial anak tuna rungu masih bisa memahami isi video youtube tersebut karena guru menyampaikan kepada anak tuna rungu dengan menggunakan bahasa isyarat di bidang keterampilan. Siswa tuna rungu SMALB-BCD YPAC Jember pernah mengikuti beberapa event perlombaan diluar lembaga tingkat kabupaten Jember, Beberapa prestasi yang diraih oleh siswa tuna rungu SMALB-BCD YPAC Jember pada tahun 2019, yaitu meraih juara 3 tata boga dan ke ikutsertaan siswa tuna rungu SMALB-BCD YPAC Jember mengikuti lomba meskipun belum mendapatkan juara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 20 May 2022 04:10
Last Modified: 20 May 2022 04:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6578

Actions (login required)

View Item View Item