PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PERMAINAN MONTASE PADA KELOMPOK A RAUDHATUL ATHFAL BUSTANUL ULUM TUTUL BALUNG JEMBER

Sholihah, Sholihah (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PERMAINAN MONTASE PADA KELOMPOK A RAUDHATUL ATHFAL BUSTANUL ULUM TUTUL BALUNG JEMBER. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Sholihah.pdf

Download (18MB)

Abstract

Motorik halus merupakan kemampuan menggunakan alat untuk mengeksplorasi dan mengekpresikan diri dalam berbagai bentuk. Kemampuan motorik halus pada anak kelompok A RA Bustanul Ulum dalam pengembangan motorik halus masih terbatas dan rendah, dan pembelajaran motorik halus jarang diberikan dan terabaikan. Dikarenakan lembaga lebih mengutamakan kegiatan
calistung untuk peserta didiknya, kegiatan pengembangan motorik halus menjadi kurang maksimal.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana permainan montase pada kelompok A Raudhatul Athfal Bustanul Ulum Tutul, Balung, Jember tahun pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimana permainan montase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok A Raudhatul Athfal Bustanul Ulum Tutul, Balung, Jember tahun pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimana meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok A dengan melalui permainan montase di Raudhatul Athfal Bustanul Ulum Tutul, Balung, Jember tahun pelajaran 2018/2019?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) mendeskripsikan
permainan montase pada kelompok A Raudhatul Athfal Bustanul Ulum Tutul,
Balung, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 (2) mendeskripsikan permainan
montase dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada kelompok A
Raudhatul Athfal Bustanul Ulum Tutul, Balung, Jember Tahun Pelajaran
2018/2019 (3) mendeskripsikan meningkatkan kemampuan motorik halus anak
pada kelompok A dengan melalui permainan montase Raudhatul Athfal Bustanul
Ulum Tutul, Balung, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian
lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara
dan dokumentasi. Analisis data meliputi kodensasi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi metode
dan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa melalui (1) permainan
montase pada anak kelompok A di Raudhatul Athfal Bustanul Ulum yaitu guru
memberikan kesempatan kesempatan pada peserta didik dan memberikan
pendampingan pada saat pembelajaran kegiatan montase. (2) permainan montase
dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di
Raudhatul Athfal Bustanul Ulum yaitu melalui langkah-langkah pengembangan
permainan montase antara lain: guru menyiapkan menyiapkan bahan dan alat
yang digunakan untuk kegiatan montase, guru memilih gambar,anak memilih
tema secara bebas (3) meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada
kelompok A dengan melalui permainan montase Raudhatul Athfal Bustanul Ulum
yaitu melalui tahapan-tahapan pembelajaran yang meliputi perencanaan
pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penutup atau evaluasi (penilaian).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan IAIN Jember
Date Deposited: 22 Jun 2020 07:47
Last Modified: 22 Jun 2020 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item View Item