Afifah, Sofiatul (2021) IMPLEMENTASI KURIKULUM INTEGRATIF PESANTREN DALAM KURIKULUM MADRASAH UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK (studi Pesantren Salaf Raudlatul Ulum dan Madrsah Aliyah Raudlatus Syabab Sumberwringin Sukowono Jember). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SOFIATUL.pdf Download (4MB) |
Abstract
Sofiatul Afifah, 2021: Implementasi Kurikulum Integratrif Madrasah dan Pesantren
Studi Madrasah Aliyah Raudlatus Syabab dan Pondok Pesantren Salaf Raudlatul Ulum
Sumber Wringin Sukowono Jember
Kata Kunci: Implementasi Kurikulum Integrativ, Kurikulum madrasah, Kurikulum
Pesantren
Kurikulum integratif adalah suatu perangkat rencana yang berisi tentang
pendalaman suatu materi yang dipadukan dengan berbagai bidang keilmuan
sehingga menciptakan suatu hubungan yang erat dan harmonis dalam
mempelajari suatu konsep secara mendalam. Artinya, Integrasi kurikulum dapat
dipahami sebagai penyatuan dua kurikulum yang berbeda, yaitu kurikulum
madrasah dan kurikulum pesantren.
Fenomena yang saat ini menjadi perhatian dalam Kurikulum 2013 adalah
tentang kemerosotan moral peserta didik yang menjadi perhatian serius dalam
kurikulum PAI, dan bahasa yang termaktub dalam KMA No.183 tahun 2019.
Dimana diperlukannya penanaman nilai-nilai keagamaan ( karakter dan akhlak
mulia) yang mendalam, Oleh sebab itu, untuk mencapai tujuan nasional bangsa
Indonesia Perlu memunculkan upaya perpaduan aspek-aspek kurikulum
keagamaan yang memadukan antara madrasah dan pondok pesantren dalam
sebuah kurikulum integrativ menjadi penting untuk diterapkan pada saat ini.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan
kurikulum integratif pesantren dalam kurikulum madrasah Aliyah Raudlatus
Syabab Sumber Wringin Sukowono Jember, 2) Bagaimana Implementasi
Kurikulum Integratif Pesantren dalam Kurikulum Madrasah Di Madrasah Aliyah
Raudlatus Syabab Sumber Wringin Sukowono Jember, 3) Bagaimana Implikasi
Kurikulum Integratif pesantren dalam Penanaman Nilai-nilai religius peserta didik
di MA Raudlatus Syabab Sumberwringin Sukowono Jembe
Penelitian ini bertujuan: 1)Untuk mendeskripsikan perencanaan
kurikulum integratif pesantren dalam kurikulum madrasah 2)untuk
mendeskripsikan Implementasi Kurikulum Integratif Pesantren dalam Kurikulum
Madrasah , 3) Untuk mendeskripsikan Bagaimana Implikasi Kurikulum Integratif
pesantren dalam Penanaman Nilai-nilai religius peserta didik.
Metode yang digunakan ialah pendekatan kualitatif yang menghasilkan
data naturalistik berupa penjelasan yang bersifat alamiah. Metode pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisisnya
menggunakan model interaktif yang diusulkan oleh Miles dan Hubermen, yang
interaktifnya dilakukan secara terus menerus sampai datanya jenuh. Dan untuk
mendapatkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
Dari penelitian memperoleh kesimpulan, 1) Perencanaan kurikulum
integratif Tujuan kurikulum yaitu dengan cara penyamaan visi, misi dan tujuan
kurikulum dan b) Konten Kurikulum, konten isi dalam struktur kurikulum dengan
cara menyandingkan materi pesantren ke dalam paket kurikulum madrasah 2)
Implementasi kurikulum integratif, Sumber belajar memakai buku paket dan juga
sumber belajar kitab-kitab pesantrenn, Metode pembelajaran yaitu memakai
metode Wetonan, bandongan, ceramah, diskusi dan tanya jawab dengan sistem
klasikal. 3) Implikasi kurikulum integratif, yaitu nilai ibadah, nilai akhlak dan
nilai kedisiplinan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Sofiatul Afifah |
Date Deposited: | 27 May 2022 03:29 |
Last Modified: | 27 May 2022 03:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6750 |
Actions (login required)
View Item |