Penerapan Dropship Dalam Pengembangan Industri Handicraft Makrifat Business Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember

Saedi, - (2021) Penerapan Dropship Dalam Pengembangan Industri Handicraft Makrifat Business Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Ekonomi Syariah.

[img] Text
Saedi_E20172189.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saedi, Toton Fanshurna, M.E.I 2021: Penerapan Dropship Dalam Pengembangan Industri Handicraft Makrifat Business Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember Pada Revolusi industri 4.0 dunia industri mulai menyentuh dunia virtual, berbentuk konetivitas manusia, mesin dan data semua di mana - mana, ukuran besar perusahaan bukan lagi menjadi jaminan. Bukan yang besar memangsa yang kecil, tapi yang cepat memangsa yang lambat. Di dalam persaingan industri yang semakin kompetitif maka perlunya strategi baru agar tetap mampu bertahan dan memenangkan sebuah persaingan industri, salah satu strategi tersebut ialah penerapan dropship yang semakin populer di tengah perkembangan teknologi. Dropship adalah suatu sistem jual beli dimana penjual menjual produk yang tidak dimiliki serta tidak memiliki persediaan produk tersebut. penjual ini hanya bermodalkan sampel atau foto dari barang milik supplier kemudian dipasarkan melalui sosial media atau pun toko jual beli online kepada konsumen. Fokus penelitian (1) Bagaimana penerapan dropship dalam pengembangan industri handicraft Makrifat Business Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember? 2. Bagaimana analisis SWOT penerapan dropship dalam pengembangan industri handicraft Makrifat Business Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember? Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui penerapan dropship dalam pengembangan industri handicraft Makrifat Business Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember (2) Untuk mengetahui analisis SWOT penerapan dropship dalam pengembangan industri handicraft Makrifat Business Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian berbentuk penelitian field rearch (penelitian lapangan). Penentuan informan menggunakkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian adalah (1) penerapan dropship di Makrifat Business menggunakan model bagi hasil dengan menentukan persentase di awal dan menggunakan model mendapatkan keuntungan dari selisih harga (2) Strenghts (kekuatan) kepuasan pelanggan menjadi prioritas dengan menjaga kualitas produk yang dipasarkan dengan akun organisasi digital, Weaknesses (kelemahan) kesalahan satu dropshipper akan berdampak kepada dropshipper yang lain dan sering terjadi kewalahan stok produk ketika ada transaksi produk yang sama, Opportunities (peluang) semua orang mempunyai kesempatan untuk menjadi dropshipper Makrifat Business, Threats (ancaman) piranti di luar berubah dan adanya kloning produk dari pesaing. Kata Kunci : Dropship, Makrifat Business, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 27 May 2022 09:59
Last Modified: 27 May 2022 09:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6771

Actions (login required)

View Item View Item