Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning pada Era New Normal di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022

Nur Hayati, Aulia (2022) Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning pada Era New Normal di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aulia Nur Hayati_T20184081.pdf

Download (9MB)

Abstract

Dalam kondisi saat ini seluruh dunia khususnya di negara Indonesia sedang mengalami bencana Covid-19 yang berdampak bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama dunia pendidikan. Dan seiring berjalannya waktu, kehidupan manusia dalam mengatasi risiko wabah ini, membutuhkan perubahan dan tatanan kehidupan yang baru atau new normal. Artinya, manusia harus mampu hidup berdampingan dengan Covid-19. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya anjuran-anjuran untuk mematuhi protokol Kesehatan, seperti jaga jarak, memakai makser, hingga melakukan vaksinasi. Pada era new normal, pemerintah menyadari besarnya antusiasme para pendidik dan peserta didik untuk dapat melakukan kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah secara langsung. Sehingga sesuai SKB 4 menteri Pembelajaran dapat dilakukan dengan PTM terbatas atau perpaduan antara pembelajaran daring dan pembelajaran luring dengan kebijakan yang lebih fleksibel serta berkapasitas maksimal 50% atau maskimal perkelas terisi 18 peserta didik. Karena kuantitas peserta didik MIN 3 Banyuwangi sangat banyak, dan pada masing-masing rambel terdiri dari 29 hingga 35 peserta didik, sehingga dari hasil observasi yang dilakukan peneliti, MIN 3 banyuwangi telah menerapkan pembelajaran dengan model blended learning yang tidak monoton, dapat memberikan semangat belajar pada peserta didik serta tetap aman dari penyebaran Covid-19.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1.) Bagaimana perencanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran blended learning pada era new normal di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran blended learning pada era new normal di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022?. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran blended learning pada era new normal di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran blended learning pada era new normal di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana. yang terdiri dari data condensation, data display, dan conclusion drawing/verification. Lalu keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Dalam perencanaan pembelajaran luring, terdapat kegiatan yang terdiri dari: a. Mempersiapkan skenario pembelajaran (kurikulum darurat dan aturan pembagian shift). b. Membuat perangkat pembelajaran (silabus dan RPP). Dalam perencanaan pembelajaran daring, juga melakukan kegiatan yang sama, hanya saja jika pertemuan dilaksanakan virtual via zoom, maka pendidik harus menginformasikan kepada orangtua di 3 hari sebelum KBM. 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran luring, terdapat kegiatan yang terdiri dari: a. Pendahuluan, b. Inti, c. Penutup. Di awal pembelajaran, peserta didik membaca asmaul husna dan do’a sebelum belajar secara bersama, lalu dilanjutkan dengan kegiatan ice breaking dan kegiatan literasi. Terkait media pembelajaran yang digunakan sangat bervariasi, seperti musik, gambar, PPT, maupun video. Di akhir KBM, peserta didik menyimpulkan pembelajaran serta membaca do’a setelah belajar. Sedangkan dalam pelaksanaan pembelajaran daring juga tidak jauh berbeda, hanya saja dalam membaca asmaul husna dilaksanakan secara individu, lalu media pembelajarannya selain WA group juga ada zoom, PPT, serta video youtube. Dan, saat menggunakan zoom meeting, peserta didik diajak untuk saling membagikan stiker love di akhir KBM. 3) Dalam evaluasi pembelajaran luring, terdapat beberapa kegiatan yang terdiri dari: a. Mengukur aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. b. PTS dan PAS dilaksanakan secara luring bagi kelas bawah dengan moda Kertas dan Pulpen (KP). c. Kepala madrasah melakukan refleksi kinerja pendidik dengan menyediakan jurnal pembelajaran dan mengadakan sosialisasi kinerja guru. Lalu, terkait evaluasi pembelajaran daring, juga tidak jauh berbeda, hanya saja PTS dan PAS dilaksanakan secara daring bagi kelas atas dengan moda Computer Based Test (CBT).

Kata kunci: Implementasi, Model Pembelajaran Blended Learning, New Normal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aulia Nur Hayati
Date Deposited: 31 May 2022 07:09
Last Modified: 31 May 2022 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6810

Actions (login required)

View Item View Item