Efektivitas Pelaksanaan Metode Restrukturisasi Kredit Sebagai Strategi Penyelamatan Non Performing Loan Di Masa Pandemi Pada Bank BRI Unit Ajungmangli

Intan Andriyani Permadi, - (2021) Efektivitas Pelaksanaan Metode Restrukturisasi Kredit Sebagai Strategi Penyelamatan Non Performing Loan Di Masa Pandemi Pada Bank BRI Unit Ajungmangli. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Perbankan Syariah.

[img] Text
INTAN ANDRIYANI PERMADI_E20171087.pdf

Download (4MB)

Abstract

Intan Andriyani Permadi, Roni Subhan, S.Pd.,M.Pd. 2021; Efektivitas Pelaksanaan Metode Restrukturisasi Kredit Sebagai Strategi Penyelamatan Non Performing Loan Di Masa Pandemi Pada Bank BRI Unit Ajungmangli Pada industri keuangan juga merasakan dampak akibat pandemi. Misalnya kegiatan.penyaluran dana yang telah disalurkan oleh bank kepada debitur juga terdapat risiko yang sering dihadapi yaitu risiko kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL). OJK memberikan stimulus yang tertuang dalam peraturan OJK No. 11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijakan Countercyclical, bahwa debitur yang mendapatkan perlakuan khusus adalah debitur yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajiban kepada bank atau usaha debitur terdampak penyebaran Covid-19 baik secara langsung maupun tidak langsung. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti merumuskan beberapa permasalahan, diantaranya: a) Bagaimana pelaksanaan restrukturisasi kredit yang dilakukan di Bank BRI Unit Ajungmangli sebagai strategi penyelamatan kredit bermasalah (NPL) di masa pandemi? b) Apakah pelaksanaan restrukturisasi kredit yang dilakukan Bank BRI Unit Ajungmangli sudah efektif sebagai strategi penyelamatan kredit bermasalah (NPL) di masa pandemi?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan restrukturisasi kredit dan efektivitas pelaksanaan restrukturisasi kredit yang dilakukan oleh Bank BRI Unit Ajungmangli sebagai strategi penyelamatan kredit bermasalah (NPL) di masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta untuk analisis data menggunakan empat hal, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kemudian, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan, a) Pelaksanaan restrukturisasi kredit yang dilakukan oleh BRI Unit Ajungmangli dengan menggunakan tiga cara, yaitu rescheduling, reconditioning, dan restructuring. Selama masa pandemi pengajuan restrukturisasi kredit meningkat sebanyak 40%. b) Dalam pengukuran efektivitasnya terdapat 3 indikator, yaitu pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi. Pelaksanaan restrukturisasi dapat dikatakan efektif karena BRI Unit Ajungmangli berhasil menyikapi kredit bermasalah di masa pandemi sehingga tidak terjadi tunggakan. Kata Kunci: Efektivitas, Restrukturisasi Kredit, Non Performing Loan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 31 May 2022 07:50
Last Modified: 31 May 2022 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6926

Actions (login required)

View Item View Item