Khoiriyah Dini Hanifah, - (2021) Studi Komparasi Pelayanan Dengan Cash On Delivery Pada PT. Pos dan SAP Express di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Progam Studi Ekonomi Syariah.
Text
KHOIRIYAH DINI HANIFAH_E20162119.pdf Download (4MB) |
Abstract
Khoiriyah Dini Hanifah, Dr. Khamdan Rifa’i, S.E., M.Si., 2021:Studi Komparasi Pelayanan Dengan Cash On Delivery Pada PT. Pos dan SAP Express di Kabupaten Jember Cash On Delivery merupakan metode pembayaran dimana pembeli sepakat dengan penjual untuk membayar ketika barang yang dibelinya telah sampai ke alamat pengirim. Pelayanan ini yang sangat dibutuhkan oleh customer karena penggunaanya yang praktis dan lebih mudah, jadi perusahaan bersaing untuk memberikan pelayanan yang terbaik versi mereka. Dengan memberikan pelayanan cash on delivery yang baik akan mempermudah konsumen untuk datang ke perusahaan tersebut. Perusahaan pengiriman jasa yang menggunakan layanan Cash On Delivery diantaranya adalah Kantor Pos dan SAP Express. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana Pelayanan Cash On Delivery pada PT. Pos dikabupaten Jember? 2) bagaimana pelayanan cash on delivery pada SAP Express di kabupaten Jember? 3) bagaimana komparasi pelayanan di PT. Pos dan SAP Express di Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelayanan cash on delivery pada Pt. Pos, untuk mengetahui pelayanan Cash On delivery pada SAP Express di kabupaten Jember, untuk mengetahui komparasi pelayanan Cash On delivery pada Pt. Pos dan SAP Express di Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan komparasi. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan purposive serta menggunakan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Pt. Pos Indonesia lebih unggul dalam hal pengiriman menggunakan Cash On Delivery, bahkan dengan jangkauannya yang luas dapat memudahkan kantor pos untuk lebih cepat dalam mengirimkan barang. Dengan memberikan pelayanan yang bagus, baik dari segi harga maupun kemudahan customer saat menggunakan jasanya terutama dalam pengiriman menggunakan Cash On delivery. Sama dengan SAP Express, perusahaan ini juga mampu bersaing di zaman sekarang yang dikatakan benyak pesaing, tetapi meskipun SAP Express dikatakan masih baru, perusahaan ini sudah memiliki beberapa cabang bahkan sudah memiliki banyak pelanggan, karena SAP merupakan perusahaan baru jadi ada beberapa hal yang dianggap kurang memberikan kenyamanan kepada konsumen. Oleh karena itu, pelayanan Cash On Delivery pada PT. Pos dan SAP Express memiliki perbedaan, baik dalam hal pengiriman, ongkos kirim, pencairan dana, dan lain sebagainya. Kata kunci: Pelayanan, pelayanan Jasa, Cash On Delivery
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 31 May 2022 08:50 |
Last Modified: | 31 May 2022 08:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6968 |
Actions (login required)
View Item |