MUCH FACHRUR ROZIE, 084101264 (2016) POLA INTERAKSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PESERTA DIDIK SEBAGAI PROSES PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 MARGOMULYO KECAMATAN GLENMORE KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. ["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined] thesis, IAIN JEMBER.
|
Text
cover.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1. oke.pdf Download (693kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2. oke.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3. oke.pdf Download (581kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4. oke.pdf Download (714kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5. oke.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (510kB) | Preview |
Abstract
Much Fachrur Rozie, 2016: Pola Interaksi Guru PAI dan Peserta Didik Sebagai
Proses Peningkatan Kedisiplinan Siswa di SDN 2 Margomulyo Glenmore
Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015/2016.
Interaksi guru PAI dan peserta didik dengan peningkatan kedisiplinan
adalah sangat erat sekali, karena dalam kesehariannya guru PAI adalah sebagai
pengganti orang tua disekolah. Guru PAI disekolah sebagai panutan baik secara
tingkah laku ataupun perbuatan. Peran seorang guru PAI sangat menentukan
dalam perkembangan kedisiplinan siswa. Sehingga dibutukan komitmen,
keseriusan serta keprofesionalan dalam menangani ini semua. Dalam hal ini
terdapat sekolah yang sangat peduli dalam memperhatikan kedisiplinan siswanya
yaitu SDN 2 Margomulyo Glenmore Kabupaten Banyuwangi.
Fokus masalah yang diteliti dalam skipsi ini adalah (1) Bagaimana interaksi guru
PAI dan peserta didik dalam rangka peningkatan kedisiplinan pada kebiasaan positif
siswa di SDN 2 Margomulyo, Glenmore Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran
2015/2016 ? (2) Bagaimana interaksi guru PAI dan peserta didik dalam rangka
peningkatan kedisiplinan untuk menghindari hal-hal negatif pada siswa di SDN 2
Margomulyo, Glenmore Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015/2016 ?
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan interaksi guru PAI dan peserta
didik dalam proses peningkatan kedisiplinan pada kebiasaan positif siswa, dan
peningkatan kedisiplinan untuk menghindari hal-hal negatif pada siswa di SDN 2
Margomulyo, Glenmore Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015/2016.
Agar memperoleh data yang akurat yang berkenaan dengan fokus penelitian
diatas, maka dilakukan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi
kasus. Lokasi penelitian adalah SDN 2 Margomulyo, Glenmore Kabupaten Banyuwangi.
Subyek penelitian menerapkan purposive sampling dalam menetapkan informan. Teknik
pengumpulan data melaui interview, dokumentasi dan observasi. Analisa data dengan
langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data
agar memperoleh data yang benar menggunakan ketekunan/keajekan pengamatan dan
triangulasi metode. Tahap-tahap penelitian meliputi: tahap pra lapangan, tahap pekerjaan
lapangan, tahap analisa data dan tahap pengerjaan penulisan laporan.
Interaksi guru PAI dan peserta didik dalam rangka peningkatan kedisiplinan di
SDN 2 Margomulyo meliputi peningkatan kedisiplinan belajar siswa, diwujudkan
melalui: budaya membaca dan pembiasaan membawa buku diwaktu senggang, adanya
buku penghubung antara sekolah dan orang tua, pembelajaran menyenangkan melalui
laboratorium alam, motivasi kepala sekolah dan guru PAI menjadikan siswa semangat
dalam belajar serta komitmen dan kesadaran untuk maju pada semua guru. Peningkatan
kedisiplinan pada kebiasaan positif siswa diwujudkan melalui pembiasaan keagamaan,
buku kendali ibadah, dan teladan yang positif pada guru. Peningkatan kedisiplinan untuk
menghindari hal-hal negatif pada siswa diwujudkan melalui: penyuluhan sejak dini
kepada siswa, Interaksi guru PAI dengan menjalin keakraban dengan siswa, sehingga
dapat memantau prilaku siswa, Memberikan famflet bahaya rokok, narkoba dan lain-lain
ditempat-tempat yang mudah dibaca siswa
Item Type: | Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_Undergraduate" not defined]) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | POLA INTERAKSI, KEDISIPLINAN |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Masrur Rizqon |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 02:22 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 02:22 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/70 |
Actions (login required)
View Item |