Taufiqurrahman, Sofi (2022) Strategi pemasaran kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) Al Qodiri Jember. Undergraduate thesis, Uin Khas Jember.
Text
skripsi revisi Shofi T.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran yang diterapkan oleh
KBIH Al Qodiri Jember. Strategi pemasaran ini adalah strategi pemasaran sosial
yang ada di Al Qodiri Jember.
Fokus penelitian dalam penelitian ini diantaranya: 1) Bagaimana strategi
pemasaran sosial KBIH Al Qodiri Jember? 2) Bagaimana implikasi strategi
pemasaran sosial KBIH Al Qodiri Jember?
Dari fokus masalah diatas maka dapat ditentukan bahwa tujuan penelitian
penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran
sosial jasa perjalanan haji di KBIH Al Qodiri Jember 2) Untuk mengetahui
implikasi strategi pemasaran sosial jasa perjalanan haji di KBIH Al Qodiri
Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dan termasuk jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian
menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitan ini adalah penelitian
lapangan atau field search yang mana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk
mengamati situasi yang terjadi
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Strategi pemasaran sosial jasa
perjalanan haji di KBIH Al Qodiri Jember. a). Menggunakan strategi khusus
dalam menarik jemaah yakni Strategi Pemasaran Sosial. b). Promosi dilakukan
menggunakna media siaran pada malam jum’at ketika kegiatan manaqib
berlangsung yang disiarakan di JTV Jember dan YouTube. c). Jemaah yang sudah
menggunakan jasa KBIH Al Qodiri Jember melakukan promosi sendiri dengan
mengajak sanak saudara dan tetangganya untuk menggunakan jasa KBIH Al
Qodiri Jember. d). Bentuk promosinya adalah mereka menceritakan pelayanan
yang diberikan oleh pengurus KBIH Al Qodiri Jember. 2. Implikasi strategi
pemasaran sosial jasa perjalanan haji di KBIH Al Qodiri Jember dinilai berhasil
a). Jemaah haji merasa mendapatkan perhatian lebih dari pelayanan yang
diberikan oleh pengurus KBIH Al Qodiri Jember. b). Jemaah haji merasa puas
terhadap pelayanan yang diberikan oleh pengurus KBIH Al Qodiri Jember. c).
Meningkatnya permintaan jumlah calon jemaah haji di KBIH Al Qodiri Jember.
d). Penggunaan jasa yang beruntun dikalangan masyarakat.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, KBIH Al Qodiri Jember
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems |
Depositing User: | Unnamed user with email sofitaufiqurrahman99@gmail.com |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 02:11 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 02:11 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7071 |
Actions (login required)
View Item |