Ismiyanti, Neny (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) Menggunakan PhET Simulation Pada Materi Induksi Elektromagnet Di SMP. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Neny Ismiyanti_T201810075.pdf Download (9MB) |
Abstract
Neny Ismiyanti, 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Predict, Observe, Explain (POE) Menggunakan PhET Simulation Pada Materi Induksi Elektromagnet di SMP
Kata kunci : Media PhET simulation, Pengembangan LKPD, Pembelajaran POE
Ilmu pengetahuan alam tidak terlepas dari aktivitas eksperimen, sebab karakteristik materi IPA yang begitu luas sehingga perlu diberikan gambaran pemahaman konsep yang lebih real dalam menguji suatu teori. Berdasarkan fakta yang diperoleh dari hasil wawancara bersama guru IPA bahwa kegiatan praktikum di sekolah tersebut masih belum terlaksana secara penuh karena sarana yang kurang memadai. Induksi elektromagnet merupakan materi yang terbilang abstrak, sehingga proses pembelajaran akan lebih baik jika diajarkan dengan media yang dapat memberikan gambaran peserta didik terhadap keabstrakan materi. Maka dari itu peneliti menggunakan media PhET simulation yang digunakan untuk memberikan gambaran konsep materi yang abstrak. Pelaksanaan praktikum akan lebih baik jika menggunakan sebuah LKPD yang dapat memandu peserta didik dalam melaksanakan kegiatan percobaan melalui langkah pembelajaran yang dapat membentuk gagasan berfikir peserta didik melalui pembelajaran berbasis POE.
Rumusan masalah pada penelitian dan pengembangan ini (1) bagaimana validitas LKPD berbasis Predict-Observe-Explain (POE) menggunakan PhET simulation pada materi induksi elektromagnet (2) bagaimana respons peserta didik terhadap LKPD berbasis Predict-Observe-Explain (POE) menggunakan PhET simulation pada materi induksi elektromagnet. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan (1) untuk mendeskripsikan validitas LKPD berbasis Predict-Observe-Explain (POE) menggunakan PhET simulation pada materi induksi elektromagnet (2) untuk mendeskripsikan respons peserta didik terhadap LKPD berbasis Predict-Observe-Explain (POE) menggunakan PhET simulation pada materi induksi elektromagnet.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis pengembangan (RnD) dengan model yang dikembangkan Robert Maribe Branch yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji coba produk dilakukan oleh para ahli yaitu ahli media, materi dan praktisi, dan juga peserta didik. Subjek uji coba skala kecil menggunakan 6 orang siswa dan uji coba skala besar menggunakan 32 orang siswa. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari validasi ahli dan respon peserta didik.
Hasil penilaian lembar kerja berbasis predict, observe, explain menggunakan PhET simulation oleh ahli media memperoleh nilai 94,16% dengan kategori sangat valid, penilaian ahli materi memperoleh nilai 95,38% dengan kategori sangat valid dan ahli praktisi mendapat nilai sebesar 84,00% dengan kategori valid. Respons peserta didik terhadap lembar kerja pada uji coba skala kecil memperoleh nilai 94,04% dengan kategori sangat tinggi dan pada uji coba skala besar memperoleh nilai 86,70% dengan kategori sangat menarik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0204 Condensed Matter Physics > 020404 Electronic and Magnetic Properties of Condensed Matter; Superconductivity 10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100603 Logic Design |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Ms Neny Ismiyanti |
Date Deposited: | 04 Jun 2022 04:41 |
Last Modified: | 04 Jun 2022 04:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7090 |
Actions (login required)
View Item |