Nurfiatul Magfuroh, - (2021) Peran Account Officer dalam Menekan Kredit Bermasalah di PT BPR Ambulu Dhanaartha Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Perbankan Syariah.
Text
Nurfiatul Magfuroh_E20161006.pdf Download (4MB) |
Abstract
Nurfiatul Magfuroh, Nikmatul Masruroh, M.E.I, 2020. Peran Account Officer dalam Menekan Kredit Bermasalah di PT BPR Ambulu Dhanaartha Kabupaten Jember. Account Officer merupakan perantara antara nasabah dengan bank dalam pemberian kredit. Kredit tidak selalu menghasilkan keuntungan bagi bank namun terdapat kerugian yang dialami bank yang bersangkutan akibat pemberian kredit yang gagal. Mengingat terdapat risiko tersebut maka setiap bank membutuhkan Account Officer yang baik sebagai ujung tombaknya, karena Account Officer merupakan orang yang paling mengetahui kondisi usaha dan karakter debitur secara langsung. Dari uraian di atas terdapat tiga fokus penelitian yaitu: 1) bagaimana proses sistem kerja Account Officer di PT BPR Ambulu Dhanaartha Kabupaten Jember? 2) bagaimana analisis permohonan kredit oleh Account Officer di PT BPR Ambulu Dhanaartha Kabupaten Jember? 3) bagaimana peran Account Officer dalam menekan kredit bermasalah di PT BPR Ambulu Dhanaartha Kabupaten Jember?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian dengan menggunakan teknik purposive. Teknik penentuan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam skripsi ini dengan menggunakan analisis deskriptif. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Proses sistem kerja Account Officer adalah mengurus segala proses pengajuan kredit dari nasabah, dimulai dari proses perlengkapan dokumen administrasi, analisis kredit, pembuatan proposal yang akan diajukan kepada kabag kredit untuk keputusan kredit diterima atau tidak, proses realisasi pendanaan, hingga tahap pemantauan dan pengawasan terhadapj alannya usaha nasabah dan proses pembayaran angsuran. 2) Analisis dalam permohonan kredit yang dilakukan Account Officer di PT BPR Ambulu Dhanaartha Kabupaten Jember pada permohonan kredit yaitu mengacu kepada analisis 5C, yakni character, capacity, capital, condition, collateral. 3) Peran Account Officer dalam menekan kredit bermasalah di PT BPR Ambulu Dhanaartha Kabupaten Jember adalah Account Officer memantau dan memonitor perkembangan usaha dari nasabah. Account Officer juga secara rutin melakukan kunjungan kepada nasabah untuk melihat langsung kondisi usaha yang dijalankan. Kata kunci : Account Officer, Menekan, Kredit Bermasalah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 04 Jun 2022 04:04 |
Last Modified: | 04 Jun 2022 04:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7104 |
Actions (login required)
View Item |