Ilafi, Mela Mahardika (2022) Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Augmented Reality Berbantuan Assemblr Pada Materi Tata Surya Kelas VII SMP/MTS. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mela Mahardika Ilafi_T201810024.pdf Download (5MB) |
Abstract
Berdasarkan temuan di MTs Negeri 1 Jember, yakni belum tersedianya bahan ajar penunjang pembelajaran untuk materi Tata Surya dan kebutuhan peserta didik terhadap bahan ajar penunjang yang menarik. Materi Tata Surya bersifat konseptual yang sulit untuk dipahami. Penelitian dan pengembangan modul interaktif berbasis Augmented Reality yang dapat memvisualisasikan materi Tata Surya, dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi Tata Surya.
Rumusan masalah pada penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Bagaimana validitas terhadap pengembangan modul interaktif berbasis Augmented Reality berbantuan Assemblr pada materi Tata Surya kelas VII MTs Negeri 1 Jember. (2) Bagaimana hasil uji respons peserta didik terhadap pengembangan modul interaktif berbasis Augmented Reality berbantuan Assemblr pada materi Tata Surya kelas VII MTs Negeri 1 Jember.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yakni (1) Mendeskripsikan validitas terhadap pengembangan modul interaktif berbasis Augmented Reality berbantuan Assemblr pada materi Tata Surya kelas VII MTs Negeri 1 Jember. (2) Mendeskripsikan hasil uji respons peserta didik terhadap pengembangan modul interaktif berbasis Augmented Reality berbantuan Assemblr pada materi Tata Surya kelas VII MTs Negeri 1 Jember.
Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation dan evaluation) yang terbatas pada tahap evaluasi formatif dikarenakan keterbatasan waktu. Produk yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh para ahli yakhi ahli materi, ahli media, serta pengguna. Setelah melalui tahap validasi dan juga revisi kemudian di uji coba lapangan untuk mengetahui respons peserta didik. Subjek uji respons skala kecil dilakukan terhadap 6 peserta didik kelas VII B dan skala besar terhadap 30 peserta didik kelas VII B MTs Negeri 1 Jember.
Hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan memperoleh (1) Persentase nilai validasi ahli materi sebesar 95%, (2) Persentase nilai validasi ahli media sebesar 97%, dan (3) Persentase nilai validasi pengguna oleh guru sebesar 94%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat validitas modul yang dikembangkan dinyatakan sangat valid. Hasil uji respons peserta didik diperoleh hasil (1) Uji skala kecil sebesar 91% kriteria sangat menarik, dan (2) Uji skala besar sebesar 93% kriteria sangat menarik, dengan demikian dari segi kemenarikan modul interaktif berbasis Augmented Reality sangat menarik untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020109 Space and Solar Physics 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Mela Mahardika Ilafi |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 01:27 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 01:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7115 |
Actions (login required)
View Item |