Ulfa Yuningsih, - (2021) “Penerapan Strategi Pemasaran pada Differensiasi Pruduk Tabungan Si Mantab dalam meningkatkan jumlah nasabah pada BMT UGT Sidogiri Cabang Jenggawah”. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah.
Text
ULFA YUNINGSIH_E20161023.pdf Download (16MB) |
Abstract
Ulfa Yuningsih, Daru Anondo, SE.,M.SI 2020: “Penerapan Strategi Pemasaran pada Differensiasi Pruduk Tabungan Si Mantab dalam meningkatkan jumlah nasabah pada BMT UGT Sidogiri Cabang Jenggawah” Keberadaan lembaga keuangan baik syariah maupun konvensional menimbulkan persaingan antara lembaga-lembaga keuangan. Masing-masing lembaga keuangan melalui marketingnya berloma-lomba untuk menarik masyarakat agar menggunakan jasa setiap lembaga keuangan. Marketing atau pemasaran efektif yang memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan apakah organisasi akan bertahan, tumbuh dan berkembang atau justru menurut dan gagal dalam mempertahankan daya saing dalam industry jasa keuangan. Marketing memiliki tugas mengenalkan dan memasrakan produk baik barang maupun jasa seperti produk tabungan Si Mantab. Sehingga dengan adanya peran marketing maka penjualan diharapkan akan meningkat. Oleh karenanya setiap lembaga keuangan harus memiliki marketing yang mampu bersaing dan professional dalam menjalankan tugasnya. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan differensiasi produk tabungan Si Mantab di BMT UGT Sodogiri CabangJenggawah? 2) Bagaimanakah strategi pemasaran differensiasi produk tabungan Si mantab? Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui penerapan differensiasi produk tabungan Si mantab 2) Untuk mengetahui strategi pemasaran differensiasi produk tabungan Si Mantab di BMT UGT Sidogiri CabangJenggawah Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan penelitian langsung berupa wawancara untuk mendapatkan data.Untuk tehnik pengumpulan data dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Metode dalam penelitian yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode penelitian kualitatif kemudian dari semua data yang terkumpul diolah secara sistematis. Hasil penelitian ini yakni 1) Strategi pemasaran produk tabungan si mantab dalam upaya menarik dan meningkatkan minat nasabah yaitu menggunakan konsep bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari poduct ( produk), price (harga), place (tempat) promotion (promosi), people( orang), bukti fisik, dan process (proses). Selain itu untuk menjalankan strategi marketing tersebut pihak BMT melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam pelayanan kepada nasabah, meningkatkan sosialisasi dan promosi, membangun kepercayaan masyarakat, dan juga meyakinkan besarnya peluang umroh bersama produk Si Mantab. 2) Diferensiasi produk Si Mantab dengan produk lain adalah adanya kupon berhadiah yang berisi hadiah umroh gratis bagi nasabah yang beruntung sehingga peluang untuk bisa berangkat umroh lebih besar dengan cara mendapatkan kupon sebanyak-banyaknya dan menabung sebanyak-banyaknya. Kata Kunci:Srategi Pemasaran dan Differensiasai produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 02:57 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 02:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7169 |
Actions (login required)
View Item |