Moh Rizka Maliki, - (2021) Produk Life Cycle Budi Daya Jamur Tiram Di UD. Mitra Jamur Di Era Industri 4.0 Pada UD. Mitra Jamur. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah.
Text
Moh Rizka Maliki_E20152143.pdf Download (971kB) |
Abstract
Moh Rizka Maliki, Daru Anondo, SE, M.Si, 2019: Produk Life Cycle Budi Daya Jamur Tiram Di UD. Mitra Jamur Di Era Industri 4.0 Pada UD. Mitra Jamur. Jamur merupakan makanan sehat yang kaya manfaat. Sebagai bahan pangan, jamur memiliki nilai takaran gizi lengkap dengan harga yang relatif terjangkau. Hal tersebut menjadikan jamur sebagai salah satu kebutuhan pangan yang kerap diburu masyarakat. Jamur memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh sayuran jenis lainnya, yakni kandungan gizinya yang tinggi. Fokus masalah yang dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana posisi produk jamur tiram di UD. Mitra jamur? 2) Bagaimana persepsi produsen terhadap pengembangan usaha produk jamur tiram di UD. Mitra jamur ?. 3) Bagaimana produk life cycle produk jamur tiram di UD. Mitra jamur di era industri 4.0 ? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui posisi produk jamur tiram di UD. Mitra jamur. 2) Untuk mengetahui persepsi produsen terhadap pengembangan usaha produk jamur tiram di UD. Mitra jamur. 3) Untuk mengetahui produk life cycle jamur tiram di era industri 4.0. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini ialah pemilik UD. Mitra Jamur Jember. Analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengumpulan data, teknis yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi data, dan member cek. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pertama, posisi produk jamur tiram di UD. Mitra jamur terdapat beberapa tahapan yaitu diantaranya: Perkenalan, Pertumbuhan, Kedewasaan, dan Penurunan. Kedua, Persepsi produsen terhadap pengembangan usaha produk jamur tiram di UD. Mitra jamur yaitu segmentasi, differensiasi, dan positioning. Selain beberapa strategi tersebut, UD. Mitra Jamur juga melakukan strategi berikut agar tingkat penjualannya terus mengalami peningkatan pada setiap periodenya, dianataranya: fokus pada kualitas produk, membuat pelanggan puas terhadap produk serta pelayanan, tingkatkan pesanan sesuai target. Ketiga, Life cycle produk jamur tiram di UD. Mitra jamur di era industri 4.0 tidak hanya mengandalkan pada tenaga manusia saja untuk bekerja, namun usaha dagang mitra jamur ini juga banyak menggunakan mesin teknologi dalam mempermudah segala aktifitasnya. Dan Adapun unsur-unsur utama dalam pengembangan industri konvensional ke digital pada UD. Mitra Jamur diantaranya internet of thing (iot) dan artifical intelligence. Kata Kunci: Life Cycle, Industri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 03:08 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 03:08 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7232 |
Actions (login required)
View Item |