Islamiyah, Agustina Nurul (2022) Efektivitas penggunaan unit kegiatan belajar mandiri dalam mengembangkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih MTs Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Ahmad Siddiq Jember.
Text
AGUSTINA NURUL ISLAMIYAH_T20161057.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci: Unit Kegiatan Belajar Mandiri, Pengembangan Hasil Belajar Siswa
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah memprogramkan kegiatan pelatihan untuk sekolah yang melaksanakan pembelajaran dengan Kurikulum 2013. Salah satu programnya adalah Panduan Unit Kegiatan Belajar Mandiri. UKBM merupakan sebuah perangkat berbasis modul dengan isi lebih padat, rinci dan mengutamakan kemandirian siswa untuk mendukung pembelajaran peserta didik. Di MTsN 2 Jember, UKBM masih terbilang baru sehingga para guru dan siswa masih dalam proses penyesuaian.
Rumusan masalah penelitian ini adalah : a) efektifitas penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam mengembangkan pengetahuan siswa pada pembelajaran fikih di MTs Negeri 2 Jember; b) efektifitas penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam mengembangkan analisis siswa pada pembelajaran fikih di MTs Negeri 2 Jember; c) efektifitas penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam mengembangkan penilaian siswa pada pembelajaran fikih di MTs Negeri 2 Jember.
Tujuan penelitian ini adalah : a) untuk mengetahui efektifitas penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam mengembangkan pengetahuan siswa pada pembelajaran fikih di MTs Negeri 2 Jember; b) untuk mengetahui efektifitas penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam mengembangkan analisis siswa pada pembelajaran fikih di MTs Negeri 2 Jember; c) untuk mengetahui efektifitas penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam mengembangkan penilaian siswa pada pembelajaran fikih di MTs Negeri 2 Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk Quasi Eksperimental yaitu metode penelitian dengan membagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan a) wawancara; b) dokumntasi; c) angket. Perkembangan hasil belajar diukur dengan menyebarkan angket kepada 20 siswa secara acak/random dengan melihat nilai rata-rata siswa. Adapun analisis data kuantitatif yang digunakan meliputi Uji Normalitas Data, Uji Homogenitas Data, Uji Hipotetsis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa a) penggunaan unit kegiatan belajar mandiri efektif dalam mengembangkan pengetahuan siswa pada mata pelajaran fikih dilihat dari hasil nilai signifikansi 0,918 >0,05 dan nilai t hitung 0,491 >1,734, maka disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak; b) penggunaan unit kegiatan belajar mandiri efektif dalam mengembangkan analisis siswa pada mata pelajaran fikih dilihat dari nilai signifikansi adalah 0,584 >0,05 dan nilai t hitung 0,535 >1,734; 0,536 >1,734, maka disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak; c) penggunaan unit kegiatan belajar mandiri efektif dalam mengembangkan penilaian siswa pada mata pelajaran fikih dilihat dari nilai signifikansi adalah 0,934 >0,05 dan nilai t hitung 0,660 >1,734, maka disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms T20161057 Agustina Nurul Islamiyah |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 06:42 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 06:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7289 |
Actions (login required)
View Item |