Korelasi Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2020/2021.

Sovia Ningsih, - (2021) Korelasi Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Sovia Ningsih_T20177043.pdf

Download (9MB)

Abstract

Sovia Ningsih, 2021: Korelasi Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Korelasi, Persepsi siswa, Hasil belajar, Matematika Tidak dapat dipungkiri masih banyak kalangan siswa yang memiliki hasil belajar matematika rendah. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor, salah satunya faktor internal yaitu persepsi. Sebagian besar siswa masih memiliki persepsi yang negatif terhadap pelajaran matematika, sehingga kemungkinan hasil belajarnya juga rendah. Begitupun siswa yang memiliki persepsi positif, kemungkinan memiliki hasil belajar yang baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana persepsi siswa terhadap pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Jenggawah tahun pelajaran 2020/2021? (2) Bagaimana hasil belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Jenggawah tahun pelajaran 2020/2021? (3) Apakah ada korelasi antara persepsi siswa terhadap pelajaran matematika dengan hasil belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Jenggawah tahun pelajaran 2020/2021?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi siswa terhadap pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Jenggawah tahun pelajaran 2020/2021. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana hasil belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Jenggawah tahun pelajaran 2020/2021. (3) Untuk mengetahui adakah korelasi antara persepsi siswa terhadap pelajaran matematika dengan hasil belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Jenggawah tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket persepsi siswa terhadap pelajaran matematika, dan dokumentasi hasil belajar matematika siswa. Adapun Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment, untuk mengetahui ada tidaknya korelasi persepsi siswa terhadap pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Jenggawah tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini adalah: 1) dilihat dari perhitungan analisis statistik deskriptif bahwa persepsi siswa terhadap pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Jenggawah tahun pelajaran 2020/2021 diperoleh kategori rendah (0%), sedang (86%), dan kategori tinggi (14%). 2) hasil belajar siswa tidak ada yang memiliki dengan kategori sangat tinggi (0%), kategori tinggi (1,9%), dengan kategori sedang (4,8%), kategori rendah (20%), dan hasil belajar siswa dengan kategori sangat rendah (74%). 3) ada korelasi yang positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap pelajaran matematika dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jenggawah tahun pelajaran 2020/2021 dengan nilai Sig.(2-tailed) atau P-Value 0,029 < 0,05, dan nilai pearson correlation bernilai positif yaitu 0,215 dengan tingkat keeratan hubungan keduanya rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 09 Jun 2022 08:46
Last Modified: 09 Jun 2022 08:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7303

Actions (login required)

View Item View Item