Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Menumbuhkan Kecintaan pada Al-qur`an Melalui Program Kelas Tahfidz Al-qur`an di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Nuris Antirogo Jember.

Nur Azizah, - (2021) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Menumbuhkan Kecintaan pada Al-qur`an Melalui Program Kelas Tahfidz Al-qur`an di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Nuris Antirogo Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam..

[img] Text
Nur Azizah_T20173038.pdf

Download (14MB)

Abstract

Nur Azizah. 2021:Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Menumbuhkan Kecintaan pada Al-qur`an Melalui Program Kelas Tahfidz Al-qur`an di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Unggulan Nuris Antirogo Jember. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah; Menumbuhkan Kecintaan; Program Kelas Tahfidz Al-Qur`an. Kepemimpinan kepala madrasah merupakan seorang yang dipercayai bawahannya dalam memanajemen madrasah untuk mewujudkan tujuan pendidikan secara efektif dan efisien, produktif, dan akuntabilitas. Kunci sukses pertama yang menentukan keberhasilan program kelas tahfidhul qur`an adalah kepemimpinan kepala madrasah, dalam mengoordinasikan, mengerakkan, dan mengatur semua sumber daya pendidikan yang tersedia. Program kelas Tahfidz Al-Qur`an di Mts Unggulan Nuris Antirogo Jember memiliki target menghafal 30 juz selama tiga tahun, namun hasil yang dicapai tidak sampai tiga tahun sebagian dari peserta didik program kelas tahfidhul qur`an MTs Unggulan Nuris Antirogo Jember sudah bisa mengkhatamkan 30 juz. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Menumbuhkan Kecintaan Pada Al-Qur`an Melalui Program Kelas Tahfidz Al-Qur`an di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Unggulan Nuris Antirogo Jember. 2) Bagaimana Kepala Madrasah Sebagai Manajer Dalam Menumbuhkan Kecintaan Pada Al-Qur`an Melalui Program Kelas Tahfidz AlQur`an di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Unggulan Nuris Antirogo Jember. 3) Bagaimana Kepala Madrasah Sebagai Motivator Dalam Menumbuhkan Kecintaan Pada Al-Qur`an Melalui Program Kelas Tahfidz Al-Qur`an di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Unggulan Nuris Antirogo Jember. Metode menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles and Huberman yaitu data colection, reduction, data display, dan conlusion drawing/verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan waktu. Adapun hasil penelitian ini antara lain: 1) Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Menumbuhkan Kecintaan Pada Al-Qur`an Melalui Program Kelas Tahfidz Al-Qur`an di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Unggulan Nuris Antirogo Jember bersifat kepemimpinan demokratis partisipatif yaitu dalam mengambil keputusan secara musyawarah. 2) Kepala Madrasah Sebagai Manajer Dalam Menumbuhkan Kecintaan Pada Al-Qur`an Melalui Program Kelas Tahfidz AlQur`an di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Unggulan Nuris Antirogo Jember yaitu kepala madrasah dengan sistem manajemen rekomendasi dengan menggunakan dan al-qu`an yadain. 3) Kepala Madrasah Sebagai Motivator Dalam Menumbuhkan Kecintaan Pada Al-Qur`an Melalui Program Kelas Tahfidz AlQur`an di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Unggulan Nuris Antirogo Jember yaitu kepala madrasah motivasi bil hikmah wal mau`idzoh warrisalah memotivasi dengan ucapan, tulisan, dan contoh perbuatan kepala madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:26
Last Modified: 09 Jun 2022 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7306

Actions (login required)

View Item View Item