Supervisi Akademik Menurut Carl D. Glickman.

Abul sigit, - (2021) Supervisi Akademik Menurut Carl D. Glickman. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
ABUL SIGIT_T20163010.pdf

Download (12MB)

Abstract

Abul sigit, 2021. Supervisi Akademik Menurut Carl D. Glickman. Supervisi akademik Menurut Carl D. Glickman adalah salah satu cara untuk meningkatkan profesioanalisme guru dalam merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran serta evaluasi terhadap hasil belajar siswa dalam rangka meningkatkan pembelajaran sehingga tujuan pendidikan baik local maupun nasional dapat dicapai dengan baik. Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana konsep supervisi akademik menurut Carl D. Glickman? 2) Bagaimana pola pelaksananan supervisi akademik menurut Carl D. Glickman? 3) Bagaimana model evaluasi supervise akademik menurut Carl D. Glickman? Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan konsep supervisi akademik menurut Carl D. Glickman. 2) Mendeskripsikan pola pelaksananan supervisi akademik menurut Carl D. Glickman. 3) Mendiskripsikan model evaluasi supervisi akademik menurut Carl D. Glickman Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, dikarenakan data yang akan di peroleh berupa data deskripsi bukan berupa data angka-angka atau data statistik, yaitu data yang terkait data supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran.Sedangkan jenis penelitian ini menggunakan penelitan studi pustaka (library research) karena dalam penelitian ini dilakukan terhadap beberapa literature mengenai supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan Teknik dokumentasi karena penelitian ini mengunakan pendekatan study pustaka. Peneliti ini memperoleh kesimpulan 1) Konsep supervise akademik adalah aktivitas menentukan kondisi-kondisi atau syarat-syarat yang esensial, yang akan menjamin tercapainya tujuan-tujuan pendidikan. 2) Pola Pelakasanaan supervisi yaitu langsung terjun kedalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan isi dari tujuan yang telah ditetapkan. Pola pelaksanaan supervisi meliputi kegiatan yaitu pengumpulan data, penilaian, deteksi kelemahan, memperbaiki kelemahan, bimbingan dan pengembangan terhadap sivicitas sekolah. Supervisi akan berhasil jika pelaksanaan dilakukan awal dan akhir Catur Wulan untuk dibandingkan. Supervisi akademik bukan mengatur tetapi bersifat pemecahan masalah. Supervisi akademik harus mencakup teknis pembelajaran, administrasi dan edukatif.. 3) Model Evaluasi supervisi akademik merupakan tahap penilaian setiap kegiatan yang dilakasanakan, apakah supervisi sudah sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan atau belum. Evaluasi ialah suatu aktivitas supervisi akademik kepala sekolah dalam memantau kinerja, dan mengambil tindakan untuk memastikan mencapai hasil sesuai rencana yang telah ditetapkan. Keterbacaan dan keterlaksanaan progress supervisi akademik. Kendala dari supervise akademik akan dilakukan Tindak lanjut yang di laksanakan adalah apabila pelaksanaan supervisi setelah diberikan masukan tetapi permasalahan tersebut masih belum bisa diatasi maka guru yang bersangkutan akan di ikut sertakan dalam kegiatan ilmiah, seperti wordshop, pelatihan, seminar dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 11 Jun 2022 07:23
Last Modified: 11 Jun 2022 07:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7331

Actions (login required)

View Item View Item