Eksplorasi Pendidikan Karakter Era Revolusi Industri 4.0

Muhammad, Ardy Zaini (2020) Eksplorasi Pendidikan Karakter Era Revolusi Industri 4.0. Tarbiyatuna. ISSN e-ISSN: 2442-4579 / p-ISSN: 2085-6539

[img] Text
Jurnal Tarbiyatuna.pdf

Download (513kB)

Abstract

Abstract: Cyber technology is another term for education in the era of the industrial revolution 4.0, the emergence of artificial intelligence (IoT) by utilizing Artificial Intelligence "AI" is not impossible if the role of
teachers will be replaced by AI and moral degradation, even though morals are the basic foundation of one's character. Based on this, the researcher examines cyber technology, educator analytics and character education alteration. This study uses a qualitative descriptive approach to the type of library research, which is to collect data that aims as an object of research. The technique used in data collection is by collecting library materials that are relevant to the intended object of discussion. The results show that learning in the industrial era 4.0 is actually the same as conventional learning, it's just that it is updated with a digitalization system, so that the term blended learning combines conventional learning and digital learning. The industrial era 4.0 really needs the presence of an educator, because in essence educators are not people who simply transfer knowledge, but there are still many roles and functions of educators, the most important of which is to become role models for students in character building. Character education in the Industrial 4.0 era can be applied through exemplary, Targhib (motivation), habituation and tadzkirah (warning).
Keyword: cyber technology, educator analytics and character education alteration.
Abstrak: Cyber tecnology merupakan nama lain dari pendidikan di era revolusi industri 4.0, munculnya kecerdasan buatan (IoT) dengan memanfaatkan Artificial Intellegent. Kedepan, bukan sesuatu hal yang muhal jika peran guru akan tergantikan oleh artificial intellegent dan
munculnya degradasi moral sejak dini. Padahal moral merupakan fondasi dasar sebuah karakter diri. Berdasarkan hal tersebut peneliti mengkaji tentang cyber tecnology, analitis pendidik dan alterasi pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif jenis library research, yaitu mengumpulkan data yang bertujuan sebagai obyek penelitian. Teknik yang pakai dalam pengumpulan datanya dengan cara mengumpulkan bahan-bahan pustaka yang relevan dengan objek pembahasan yang dimaksud. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pembelajaran di era industri 4.0 sebenarnya sama dengan pembelajaran konvensional, hanya saja diperbarui dengan pemanfaatan sistem digitalisasi sehingga muncul istilah blended learning yang memadukan pembelajaran konvensional dan pembelajaran e-learning. Di era industri 4.0 kehadiran seorang pendidik sangat dibutuhkan, sebab pada hakikatnya pendidik bukanlah orang yang memberi peringatan, mentransfer ilmu penngetahuannya belaka, melainkan masih banyak peran dan fungsi pendidik lainnya, dan yang paling urgen dari pendidik adalah menjadi panutan (uswah) bagi peserta didiknya dalam pembentukan karakter. Pendidikan karakter di era Industri 4.0 bisa diterapkan melalui keteladanan, Targhib (motivasi), pembiasaan dan tadzkirah (peringatan).
Kata kunci: pembelajaran 4.0, analisis figur pendidik, pendidikan karakter.

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Ardy Zaini
Date Deposited: 12 Jun 2022 15:28
Last Modified: 12 Jun 2022 15:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7358

Actions (login required)

View Item View Item