Ahmad Sumarji, - (2021) Penerapan Prinsip 3B (Bermain, Belajar, Berkarya) dalam Pembelajaran Pendidikan Islam di Gubuk Pustaka Ndalung Ajung Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
AHMAD SUMARJI_T20161217.pdf Download (5MB) |
Abstract
Ahmad Sumarji, 2021: Penerapan Prinsip 3B (Bermain, Belajar, Berkarya) dalam Pembelajaran Pendidikan Islam di Gubuk Pustaka Ndalung Ajung Jember. Kata kunci: Prinsip 3B (Bermain, Belajar, Berkarya), Pendidikan Islam Bermain sambil belajar adalah hal yang paling disukai oleh anak dan membuat anak tidak mudah bosan dalam proses belajar dikarenakan ada bermainnya, dan juga bisa mengembangkan kreativitas dan kognitif anak. Berkarya sebagai pengalaman belajar anak juga bisa mengembangakan kreativitas anak dikarenakan anak langsung mempraktekkan membuat sebuah karyanya sendiri. Serta pendidikan Islam adalah suatu usaha sadar anak untuk mempelajari tentang Islam. Sehingga dengan demikian anak bisa belajar sambil bermain, belajar sambil berkarya dengan nilai-nilai Islam dan semuanya berkesinambungan. Fokus yang diteliti adalah: (1) Bagaimana perencanaan prinsip 3B (Bermain, Belajar, Berkarya) dalam pembelajaran pendidikan Islam di Gubuk Pustaka Ndalung? (2) Bagaimana pelaksanaan prinsip 3B (Bermain, Belajar, Berkarya) dalam pembelajaran pendidikan Islam di Gubuk Pustaka Ndalung Ajung Jember? (3) Bagaimana evaluasi prinsip 3B (Bermain, Belajar, Berkarya) dalam pembelajaran pendidikan Islam di Gubuk Pustaka Ndalung Ajung Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) perencanaan 3B (Bermain, Belajar, Berkarya) di Gubuk Pustaka Ndalung yaitu pertama relawan dibagi menjadi dua-tiga kelompok, ada yang dibagian kelompok bermain, belajar, berkarya, kedua relawan mengumpulkan anak-anak menjadi satu, ketiga relawan bekerjasama dengan kelompoknya masing-masing, keempat pembelajaran 3B dibuat santai agar anak-anak senang (2) Pelaksanaan 3B di Gubuk pustaka Ndalung yaitu pertama bermain relawan mendampingi anak-anak sesuai dengan permainan yang dimainkan oleh anak-anak, kedua belajar relawan mengajari anak-anak nilai-nilai keislaman yang dasar-dasar seperti niat sholat, niat wudhu’, niat puasa dan juga ngaji iqro’, ketiga berkarya anak-anak berkarya membuat topeng dari Koran yang tidak terpakai, melukis,kaligrafi dan juga untuk berkaryanya dilaksanakan dua minggu sekali (3) Evaluasi 3B di Gubuk Pustaka Ndalung yaitu evaluasinya disisipkan dalam permainan dikarenakan pada saat bermain anak-anak dalam keadaan senang dan ini waktu yang tepat untuk menanyakan kepada anak-anak yang sudah diajarkan oleh relawan seputar prinsip 3B dan yang bisa menjawab dikasih hadiah seperti kue, buku dan lainnya agar anak semangat menjawab dikarenakan ada hadiahnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 07:02 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 07:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7369 |
Actions (login required)
View Item |