Manajemen Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022

Rajabi, Rafiq (2022) Manajemen Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Rafiq Rajabi_T20183136.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rafiq Rajabi, 2022: Manajemen Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter di
Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum, Pendidikan Karakter.
Pendidikan merupakan solusi dalam mengembangkan potensi dan skill
peserta didik agar menjadi pribadi dan generasi siap pakai dan mampu
menghadapi segala tantangan yang menyangkut tentang kehidupan sosial dalam
bermasyarakat seperti yang diuraikan oleh Ki Hajar Dewantara mengartikan
pendidikan karakter adalah segala daya upaya untuk memajukan budi pekerti,
pikiran serta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu
hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan
Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Negeri 2
Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022 ? (2) Bagaimana Pelaksanaan Kurikulum
Berbasis Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi Tahun
Ajaran 2021/2022 ? (3) Bagaimana Evaluasi Kurikulum Berbasis Pendidikan
Karakter di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022 ?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskripstif jenis penelitian
Studi Kasus (Study Case). Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode
yakni: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan analisis datanya
menggunakan analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan, Dan yang terakhir adalah uji keabsahan data yang
menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan kurikulum berbaiss
pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyuwangi ini dimulai dari
menyusun persiapan yang matang, mulai dari sasaran dari pendidikan karakter ini,
fasilitas penunjang untuk kurikulum pendidikan karakter ini, bentuk kurikulum
pendidikan karakter, tujuan dari kurikulum ini, hingga manfaat dari kurikulum
pendidikan karakter ini. Perencanaan ini dilakukan didalam rapat tahunan yaitu
Rapat Kerja Madrasah yang melibatkan Kepala Sekolah, Waka Kurikulum,
Pengembang Kurikulum, Tenaga Pendidik, serta Tenaga Kependidikan..; 2)
Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Negeri
2 Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022 : dengan cara memberikan kegiatan
pembiasaan dengan tujuan mendidik karakter siswa atau murid di dalam kegiatan
belajar mengajar dan diluar kegiatan belajar mengajar dimulai dari masuk sekolah
hingga pulang sekolah dan pelaksanaanya banyak dibantu oleh para guru didalam
kelas dan siswa yang termasuk dalam Organisasi Duta dengan berbagai macam
bidang. ; 3) Evaluasi Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter di Madrasah
Aliyah Negeri 2 Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022 : dengan cara melihat
laporan pencapaian setiap hari, apakah ada penurunan atau peningkatan secara
signifikan. Setelah diolah maka laporan akan disampaikan ke wali murid dalam
pertemuan wali murid yang diadakan setiap tiga bulan sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Rafiq Rajabi
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:28
Last Modified: 14 Jun 2022 02:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7375

Actions (login required)

View Item View Item