Indah Sundari, - (2021) Pengaruh Komunikasi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA di MAN 2 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakulatas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.
Text
Indah Sundari_T20178054.pdf Download (7MB) |
Abstract
Indah Sundari, 2021: Pengaruh Komunikasi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA di MAN 2 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Komunikasi Orang Tua, Motivasi Belajar, Hasil Belajar biologi Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar. Faktor internal yaitu meliputi kesehatan, intelegensi, minat dan motivasi sedangkan faktor eksternal meliputi keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan sekitar. Komunikasi orang tua dan motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan komunikasi orang tua siswa kelas X MIPA di MAN 2 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas X MIPA di MAN 2 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2020/2021. 3) Mendeskripsikan hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MAN 2 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2020/2021. 4) Mengetahui pengaruh komunikasi orang tua dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MAN 2 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2020/2021. 5) Mengetahui pengaruh komunikasi orang tua dan motivasi belajar secara parsial terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MAN 2 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di MAN 2 Kota Probolinggo. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik cluster random sampling dan didapatkan 130 sampel siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan dokumen dan angket. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, pada statistik inferensial menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Komunikasi orang tua siswa terdapat 22 siswa dengan kategori sangat tinggi (17%), 80 siswa dengan kategori tinggi (62%), 38 siswa dengan kategori sedang (21%). 2) motivasi belajar siswa terdapat 25 siswa dengan kategori sangat tinggi (20%), 83 siswa dengan kategori tinggi (64%), 19 siswa dengan kategori sedang (15%) dan 2 siswa dengan kategori rendah (1%). 3) Hasil belajar biologi siswa terdapat 94 siswa dengan nilai pada kategori sangat tinggi (72%) dan 36 siswa dengan kategori tinggi (28%). 4) Terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MAN 2 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2020/2021. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi orang tua dan motivasi belajar secara parsial terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIPA di MAN 2 Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 03:41 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 03:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7491 |
Actions (login required)
View Item |