KONSISTENSI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KONTEN BUKU BAHASA ARAB MI KELAS 6 KURIKULUM 2013

haq, MZH (2021) KONSISTENSI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KONTEN BUKU BAHASA ARAB MI KELAS 6 KURIKULUM 2013. MAGISTRA: MEDIA PENGEMBANGAN ILMU PENDIDIKAN DASAR DAN KEISLAMAN, 12 (1). pp. 1-18. ISSN 2615-2282 (online) 2087-2305 (print)

[img] Text
pdf

Download (40kB)
Official URL: https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/MA...

Abstract

Abstrak
Pengembangan dan perubahan apapun terkait pembelajaran merupakan hal wajar
dalam sistem pendidikan. Indonesia sendiri telah mengalami hal itu, hingga pada
beberapa tahun belakangan berupaya menerapkan pendekatan terbaru pula yaitu
pendekatan saintifik dalam proses belajar. Namun demikian proses yang ada ini
tidak luput dari kritik, dan kritik menjadi hal yang wjaar pula yang sudah
semestinya ada. Diantara kritik yang mengemuka dan banyak digunakan sebagai
hipotesis yaitu terkait adanya inkonsistensi dalam penerapan pendekatan saintifik
dengan konten pada buku ajar. Penelitian ini kemudian secara khusus mencoba
untuk menjawab secara ilmiah hipotesis tersebut dengan mengupas tingkat
konsistensi pendekatan saintifik dengan konten pada buku ajar bahasa Arab kelas 6
MI Kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif-kualitatif
dengan melihat berbagai fakta yang ada pada setiap bagian konten buku ajar
bahasa Arab kelas 6 MI Kurikulum 2013. Hasil dari penelitian menunjukkan
adanya konsistensi terhadap penggunakan pendekatan saintifik, hanya saja bersifat
monoton dan cenderung sama pada setiap tema pada masing-masing bab. Hasil
penelitian menyarankan kepada pihak terkait agar menyusun buku ajar yang
memiliki konten lebih variatif agar peserta didik dapat melakukan eksplorasi
terhadap berbagai hal secara lebih luas dan tidak menjemukan.
Kata kunci: Konsistensi, pendekatan saintifik, pembelajaran, bahasa Arab
Abstract
Any developments and changes related to learning are normal in education
system. Indonesia itself has experienced this, so in recent years it has tried to
apply the latest approach, it is scientific approach in learning process. However,
this existing process does not escape criticism, and criticism becomes a natural
thing that should exist. Among the criticisms that appeared and widely used as
hypotheses were related to inconsistency in application of scientific approach to
the content in textbooks. This research specifically tries to answer scientifically the
hypothesis by examining consistency level of scientific approach with the content
in 6th grade Arabic textbook of MI K13. The research method used is descriptivequalitative
by looking at various facts that exist in each section of the content of
Arabic textbook for 6th grade MI K13. The results of the study show that there is
consistency in the use of scientific approach, but it is monotonous and tends to be
same in each theme in each chapter. The results of the study suggest to related
parties to compile textbooks that have more varied content so that students can
explore various things more broadly and not be boring.
Keywords: Consistency, scientific approach, learning, Arabic

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Zaairul Haq
Date Deposited: 16 Jun 2022 05:17
Last Modified: 16 Jun 2022 05:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7505

Actions (login required)

View Item View Item