Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Media Pembelajaran Informations And Communications Technology Kelas VII SMPN 2 Sumberasih

Husnah, Hikmatul (2022) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Media Pembelajaran Informations And Communications Technology Kelas VII SMPN 2 Sumberasih. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Hikmatul Husnah T20181101.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran pendidikan agama islam perlu adanya media pembelajaran berbasis Information and Comunication Technology adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta kemauan peserta didik sehingga proses belajar terjadi dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran secara efektif, kreatif dan inovatif. Selain itu, penguasaan media pembelajaran berbasis ICT dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam pembelajaran. SMP Negeri 2 Sumberasih merupakan sekolah yang menerapkan pembelajaran PAI dengan media berbasis ICT.
Adapun fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI dengan media pembelajaran berbasis ICT kelas VII di SMPN 2 Sumberasih Tahun Pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dengan media pembelajaran berbasis ICT kelas VII di SMPN 2 Sumberasih Tahun Pelajaran 2021/2022? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI dengan media pembelajaran berbasis ICT kelas VII di SMPN 2 Sumberasih Tahun Pelajaran 2021/2022?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahap yakni tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan lapangan dan tahap analisis data lapangan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Perencanaan pembelajaran meliputi empat unsur yaitu, a) Guru menentukan tujuan pembelajaran mengkaji tentang Iman kepada Allah dan Asmaul Husna dan tujuan kompetensi, b) Guru menetapkan materi Iman kepada Allah dan Asmaul Husna, c) Guru menetapkan metode pembelajaran kuis, d) Guru memilih sumber/media pembelajaran dengan video animasi, leptop, dan LCD. Dapat meningkatkan siswa aktif, kreatif, dan kritis. 2) Pelaksanaan pembelajaran yaitu, a) Guru membuka pelajaran dengan pemberian motivasi, apersepsi, acuan, b) Guru menyampaikan materi Iman kepada Allah dan Asmaul Husna dengan media ICT seperti LCD, leptop,video animasi c) Guru menerapkan metode pembelajaran kuis, d) Guru menutup pelajaran dengan refleksi materi melalui tanya jawab, merangkum, dan di tutup dengan doa serta salam. Pembelajaran PAI lebih kreatif, efektif, dan efisien 3) Evaluasi pembelajaran menggunakan goggle form evaluasi formatif, guru menggunakan penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Pembelajaran PAI lebih efektif dan efisien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Hikmatul Husnah
Date Deposited: 20 Jun 2022 07:22
Last Modified: 20 Jun 2022 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7567

Actions (login required)

View Item View Item