Implementasi Nilai-Nilai Humanistis Dalam Pembelajaran Fiqih di Kelas VII MTs. Al Amien Sabrang Tahun Pelajaran 2021/2022.

ulfatul Izzah, Rizka (2022) Implementasi Nilai-Nilai Humanistis Dalam Pembelajaran Fiqih di Kelas VII MTs. Al Amien Sabrang Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Siddiq Jember.

[img] Text
Rizka Ulfatul Izzah(1).pdf

Download (5MB)

Abstract

Nilai-nilai humanistis merupakan sebuah pedoman yang digunakan untuk
menata perilaku manusia berdasarkan aliran humanisme demi mewujudkan
manusia-manusia yang berkarakter humanis. Sedangkan fiqih merupakan
landasan yang erat dengan kehidupan sehari-hari. Fiqih bisa juga dikatakan suatu
pedoman akhlak manusia kepada Tuhannya, mengenai bagaimana cara bersikap
serta beribadah dengan baik dan benar. Sehingga mata pelajaran fiqih ini tidak
bisa dianggap remeh, terutama oleh kalangan pelajar. Sementara itu, sebagai salah
satu pendidikan karakter tentunya harus turut andil dalam mengurangi rusaknya
nilai-nilai kemanusiaan yang terjadi. Dalam rangka menangani hal itu dalam dunia
pendidikan, tentu dibutuhkan penerapan nilai-nilai humanisme dalam
pembelajaran yang berlaku. Oleh karena itu perlu diadakan sebuah penelitian
mengenai implementasi nilai-nilai humanistis dalam pembelajaran fiqih.
Fokus penelitian yang diteliti diantaranya: 1) Bagaimana Perencanaan
Nilai-Nilai Humanistis dalam Pembelajaran Fiqih di Kelas VII MTs. Al Amien
Sabrang Tahun Pelajaran 2021/2022?; 2) Bagaimana Pelaksanaan Nilai-Nilai
Humanistis dalam Pembelajaran Fiqih di Kelas VII MTs. Al Amien Sabrang
Tahun Pelajaran 2021/2022?; 3) Bagaimana Evaluasi Nilai-Nilai Humanistis
dalam Pembelajaran Fiqih di Kelas VII MTs. Al Amien Sabrang Tahun Pelajaran
2021/2022?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi nilai-nilai humanistis dalam pembelajaran
fiqih di kelas VII MTs. Al Amien Sabrang tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi
kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan
Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan nilai-nilai humanistis
menggunakan perangkat pembelajaran Silabus, RPP, dan adanya guru yang
menyeimbangkan antara teori dan pengaplikasian secara langsung. 2)
Pelaksanaannya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, menggunakan
bahan ajar dari guru, alokasi waktu ±60 menit, menggunakan sumber belajar dari
buku fiqih model Taqwa K13 acuan KMA 183, dan melaksanakan nilai-nilai
humanistis diantaranya: a) Tidak membedakan antara siswa satu dengan lainnya;
b) berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran; c) mengembangkan bakat siswa.
3) Evaluasi berupa Tes tulis, tes lisan, penilaian sikap dan praktek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizka Ika
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:46
Last Modified: 23 Jun 2022 03:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7610

Actions (login required)

View Item View Item