dwinda, nuril iman (2022) Penerapan Metode Talking Stick pada pembelajaran Tematik kelas V di Madrasah Ibtida'iyah Darussalam Desa Sumberejo Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Skripsi dwinda nuril iman.pdf Download (3MB) |
Abstract
Salah satu upaya yang dilakukan guru kelas V Madrasah Ibtida’iyah Darussalam Sumberejo untuk membantu mengembangkan minat belajar peserta didik dan mengaktifkan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar adalah dengan menggunakan metode Talking Stick. Penerapan Metode Talking Stick ini dapat membuat peserta didik menjadi aktif serta berani untuk mengungkapkan pendapatnya didepan teman-temanya, dan dapat juga memberikan peserta didik pengalaman belajar yang menyenangkan.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Talking Stick pada pembelajaran tematik kelas V di Madrasah Ibtida’iyah Darussalam Desa Sumberejo Kecanatan Winongan Kabupaten Pasuruan? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat metode Talking Stick pada pembelajaran tematik kelas V di Madrasah Ibtida’iyah Darussalam Desa Sumberejo Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan?
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, penentuan subyek penelitian dalam penelitian ini dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisiss data peneliti menggunakan model analisis data Miles, Hubermen, dan Saldana. Analisis data ini meliputi kegiatan kondensasi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan verifikasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Penerapan metode Talking Stick pada pembelajaran tematik terdapat tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelasanaan dan evaluasi. Tahap persiapan antara lain: guru menyiapkan tongkat dan perangkat pembelajaran, guru menyampaikan materi, peserta didik membaca dan mempelajari ulang materi yang sudah disampaikan, untuk pelaksanaan metode Talking Stick, guru memberikan tongkat kepada peserta didik, kemudian peserta didik memberikan tongkat kepada peserta didik lainya, mengilir tongkat tersebut diiringi dengan nyanyian yang digemaro oleh peserta didik, kemudian guru memberikan tanda aba aba untuk memberhentikan tongkat tersebut, tongkat berhenti disiapa maka peserta didik tersebut yang akan mendapatkan pertanyaan dari guru, kemudian guru memberikan kesimpulan dan tahap evaluasinya guru mengkolaborasikan metode Talking Stick dengan metode Student Team Achievment Division. 2) Faktor pendukung dan penghambat metode Talking Stick pada pembelajaran tematik kelas V di Madrasah Ibtida’iyah Darussalam Desa Sumberejo Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan antara lain: Faktor pendukung: peserta didik dapat berani mengemukakan pendapatnya dan Faktor penghambat: membuat peserta didik senam jantung, dan dalam penerapan metode Talking Stick tidak semua Kompetensi Dasar pada mata pelajaran bisa diterapkanya metode Talking Stick.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode talking stick, pembelajaran tematik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Dwinda Nuril Iman |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 07:50 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 07:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7619 |
Actions (login required)
View Item |