Proses Berpikir Konseptual Pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Siswa SMP Islam As Syuhada'45

Jamil, Lutfi Faridatul (2022) Proses Berpikir Konseptual Pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Siswa SMP Islam As Syuhada'45. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
lutfi watermak fiks.pdf

Download (8MB)

Abstract

Proses berpikir konseptual berperan penting dalam menyelesaikan soal
matematika. Siswa yang menggunakan proses berpikir konseptual dengan baik
maka akan mudah dalam menyelesaikan soal matematika. Proses berpikir siswa
dipengaruhi oleh gaya kognitif, karena setiap siswa memiliki cara tersendiri dalam
menyelesaikan soal. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui proses
berpikir konseptual siswa pada materi aritmatika sosial berdasarkan gaya kognitif
reflektif dan impulsif siswa SMP Islam As Syuhada’ 45.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses berpikir
konseptual pada materi aritmatika sosial berdasarkan gaya kognitif reflektif siswa
SMP Islam As Syuhada’ 45. 2) Mendeskripsikan proses berpikir konseptual pada
materi aritmatika sosial berdasarkan gaya kognitif impulsif siswa SMP Islam As
Syuhada’ 45.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik
pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada
penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan waktu,
yaitu dengan melakukan tes dan wawancara sebanyak dua kali di waktu yang
berbeda, untuk tes nya yaitu TPBK 1 dan TPBK 2 yang masing-masing berjumlah
1 soal.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan proses berpikir konseptual siswa
pada materi aritmatika sosial dengan gaya kognitif reflektif mampu memenuhi
dua dari lima indikator proses berpikir konseptual yaitu mampu menyatakan apa
yang diketahui dalam soal dengan bahasa sendiri atau mengubah dalam kalimat
matematika dan mampu menyatakan apa yang ditanya dalam soal dengan bahasa
sendiri atau mengubah dalam kalimat matematika.
Proses berpikir konseptual siswa pada materi aritmatika sosial dengan
gaya kognitif impulsif mampu memenuhi dua dari lima indikator proses berpikir
konseptual yaitu mampu menyatakan apa yang diketahui dalam soal dengan
bahasa sendiri atau mengubah dalam kalimat matematika dan mampu menyatakan
apa yang ditanya dalam soal dengan bahasa sendiri atau mengubah dalam kalimat
matematika.
Kata kunci: Proses Berpikir Konseptual, Aritmatika Sosial, Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010205 Financial Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Lutfi Faridatul Jamil
Date Deposited: 22 Jun 2022 06:39
Last Modified: 22 Jun 2022 06:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7639

Actions (login required)

View Item View Item