Implementasi Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X IPA 1 Mdrasah Aliyah Al-Qodiri 1 JemberTahun Pelajaran 2021/2022

A'yun, Indah (2022) Implementasi Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X IPA 1 Mdrasah Aliyah Al-Qodiri 1 JemberTahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
INDAH QURROTUL A'YUN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indah Qurrotul A'yun, 2022: Implementasi Model Pembelajaran VCT (Value
Clarification Technique) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X IPA 1
Mdrasah Aliyah Al-Qodiri 1 JemberTahun Pelajaran 2021/2022
Kata Kunci: Implementasi Model Pembelajaran VCT, Mata Pelajaran Akidah
Akhalak
Guru di Indonesia dalam dekade terakhir masih banyak yang
menggunakan model pembelajaran konvensional akibatnya dari hal itu siswa
kurang memiliki nilai-nilai yang diperlukan, misalnya sikap menghargai
perbedaan pendapat teman. keberhasilan suatu proses belajar dan pembelajaran di
dalam kelas dilihat dari kemampuan guru dalam memilih dan
mengimplementasikan model pembelajaran. Melihat permasalahan tersebut maka
perlu adanya inovasi yang dapat dilakukan oleh guru, salah satunya melalui
penggimplementasian model pembelajaran VCT.
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi Langkahlangkah model pembelajaran VCT tingkat 1 yaitu kebebasan memilih kasus? 2)
Bagaimana implementasi Langkah-langkah model pembelajaran VCT tingkat 2
yaitu menghargai? 3) Bagaimana implementasi Langkah-langkah model
pembelajaran VCT tingkat 3 berbuat?
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan
implementasi langkah-langkah model pembelajaran VCT tingkat 1 yaitu
kebebasan memilih kasus 2) Untuk mendeskripsikan implementasi langkahlangkah model pembelajaran VCT tingkat 2 yaitu menghargai 3) Untuk
mendeskripsikan implementasi langkah-langkah model pembelajaran VCT tingkat
3 berbuat
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian penelitian kualitatif deskriptif,
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi
partisipasi pasif dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah,
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Tingkat pertama dalam Langkah-langkah
model pembelajaran VCT yaitu siswa diberi kebebesan untuk memilih kasus
sehingga sisswa berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan 2)
Tingkat kedua dalam Langkah-langkah model pembelajaran VCT yaitu
menghargai yang mana siswa sangat antusias sehingga kelas menjadi lebih hidup,
dan bisa menghargai perintah guru, menghargai perbedaan pendapat siswa lain. 3)
Setelah Siswa mampu memilih kasus dan mammpu menghargai pada tingkat ini
siswa mampu berbuat yang mana siswa mampu menanggapi pendapat teman
sekelompok dengan baik, Selalu bekerja sama dengan teman sekelompok, Aktif
dalam kerja kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190201 Cinema Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Qurrotul A'yun
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:26
Last Modified: 23 Jun 2022 04:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7703

Actions (login required)

View Item View Item