Diana, Alvita Maulida (2022) Pengaruh model pembelajaran PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) berbantuan simulasi PhET terhadap keaktifan dan hasil belajar materi Getaran dan Gelombang pada peserta didik kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
Text
ALVITA MAULIDA DIANA. T201810049.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat partisipasi, keaktifan dan hasil belajar IPA peserta didik di SMP Plus Darus Sholah Jember. Faktor yang mempengaruhi rendahnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik yaitu proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru serta pembelajaran yang masih menggunakan pola lama, yaitu menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas atau pekerejaan rumah. Salah satu alternatif yang diharapkan dapat menjadi solusi adalah dengan penerapan model pembelajaran yang dapat memberikan keleluasaan pada siswa untuk membangun pengetahuannya dan menemukan ide-ide mereka sendiri sehingga peserta didik bisa aktif dalam pembelajaran, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran PDEODE dengan bantuan simulasi PhET sebagai media untuk melakukan percobaan.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Apakah ada pengaruh model pembelajaran PDEODE berbantuan simulasi PhET terhadap keaktifan dan hasil belajar materi getaran dan gelombang pada peserta didik kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Jember. Tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) berbantuan simulasi PhET terhadap keaktifan dan hasil belajar materi Getaran dan Gelombang pada peserta didik kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Jember.
Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dari populasi menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas VIII D yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Independent Sampel T-Test. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskripstif dan statistik inferensial.
Berdasarkan hasil uji-t pada angket keaktifan belajar siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan pada hasil belajar melalui nilai Posttest memiliki nilai signifikansi 0,000 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran PDEODE (Predict, Discuss, Explain, Observe, Discuss, Explain) berbantuan simulasi PhET terhadap keaktifan dan hasil belajar materi Getaran dan Gelombang pada peserta didik kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Jember.
Kata Kunci: PDEODE; Simulasi PhET; Keaktifan; Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Alvita Maulida Diana |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 04:41 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 04:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7711 |
Actions (login required)
View Item |