Analisis Strategi Bauran Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di BMT UGT Capem Batu Urip Sumberbaru Jember.

Almaidah, - (2021) Analisis Strategi Bauran Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di BMT UGT Capem Batu Urip Sumberbaru Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah.

[img] Text
ALMAIDAH_E20171086.pdf

Download (5MB)

Abstract

Almaidah, Dr. Khamdan Rifa’i, SE.,M.Si. 2021 : Analisis Strategi Bauran Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di BMT UGT Capem Batu Urip Sumberbaru Jember. Kata Kunci : Strategi Bauran Pemasaran Di Indonesia, salah satu solusi yang dinilai efektif memutus mata rantai kemiskinan adalah dengan mengoptimalkan peran lembaga keuangan mikro, termasuk BMT. Alasan utama mengapa lembaga keuangan mikro dianggap efektif adalah karena sebagian besar bisnis dikelola oleh orang kurang mampu. BMT merupakan salah satu jenis lembaga keuangan mikro yang berbasis sistem koperasi dan dikendalikan oleh LSM. Dalam pembahasan ini penulis ingin memfokuskan pada analisis strategi bauran pemasaran BMT Nusantara Capem Batu Urip Sumberbaru Jember dalam meningkatkan jumlah nasabah. Strategi bauran pemasaran merupakan alat pemasaran yang dapat digunakan oleh sebuah perusahaan untuk mempengaruhi pasar sasarannya. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu : 1) Bagaimana strategi bauran pemasaran yang digunakan di BMT UGT NUSANTARA Capem Batu urip Sumberbaru Jember pada masa pandemi Covid19 dalam meningkatkan Jumlah Nasabah? 2) Strategi bauran pemasaran Apa yang paling efektif digunakan di BMT UGT NUSANTARA Capem Batu Urip Sumberbaru Jember dimasa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah? Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) strategi bauran pemasaran yang digunakan di BMT UGT Capem Batu Urip Sumberbaru Jember pada masa pandemi Covid-19 dalam meningkatkan Jumlah Nasabah. 2) strategi bauran pemasaran yang paling efektif digunakan oleh BMT UGT Nusantara Capem Batu Urip Sumberbaru Jember dimasa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menganalisis dan mendeskripsikan hasil terjun langsung ke lapangan (tempat penelitian). Yang berlokasikan di Desa Batu Urip Kecamatan Sumberbaru Jember yang bersubjek BMT UGT Nusantara Cabang Batu Urip Sumberbaru Jember. Dengan menggunakan berbagai metode pengumpulan data, antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data adalah proses memberi makna pada data yang telah dikumpulkan dan dari situ ditarik kesimpulan. Cek keabsahan data dengan melakukan triangulasi sumber. Peneliti menyimpulkan bahwa : 1. BMT UGT Nusantara Capem Batu Urip Sumberbaru Jember telah menggunakan strategi pemasaran 4p yaitu product, price, place, dan promotion. Dengan menawarkan enam produk yang dimiliki BMT melalui strategi bauran pemasaran, BMT juga melakukan promosi dengan menggunakan media sosial serta datang langsung kepada nasabah melalui pintu ke pintu. Hal ini dilakukan BMT untuk meningkatkan jumlah nasabah digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id ix meskipun selama pandemi Covid-19. Dengan menggunakan protokol kesehatan yang tepat, BMT melakukan penyebaran brosur-brosur kepada masyarakat dan lembaga masyarakat lainya. 2. Dari data lapangan yang diperoleh, peneliti menemukan strategi bauran pemasaran yang paling efektif digunakan BMT UGT Nusantara Capem Batu Urip Sumberbaru Jember yaitu Produk dan promosi. Dengan melakukan promosi enam produk yang dimiliki melalui pintu ke pintu calon nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:38
Last Modified: 23 Jun 2022 06:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7775

Actions (login required)

View Item View Item