Yumanzah, Aminuliya Octa (2022) Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
AMINULIYA OCTA YUMANZAH_T20173005.pdf Download (6MB) |
Abstract
Aminuliya Octa Yumanzah, 2021. Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso.
Keberadaan Kepala Madrasah di lembaga pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam mengembangkan dan memimpin lembaga pendidikan yang berkualitas. Karena Kepala Madrasah merupakan salah satu kunci keberhasilan lembaga pendidikan yang disiplin baik dalam proses kegiatan Madrasah maupun mengelola lembaga pendidikan yang bernuansa disiplin.
Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan budaya disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Kepala Madrasah dalam meningkatkan budaya disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso (3) Bagaimana dampak keberhasilan budaya disiplin di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan budaya disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam meningkatkan budaya disiplin peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso (3) Untuk mendeskripsikan dampak keberhasilan budaya disiplin di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian naratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu: Pengumpulan Data, Kondensasi Data, Penyajian Data, Penarikan Simpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedisiplinan peserta didik Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso perlu dtingkatkan lagi karena masih ada peserta didik kurang disiplin. Maka strategi kepala madrasah dalam meningkatkan budaya disiplin peserta didik tertuang dalam beberapa hal, yaitu memberikan keteladanan kepada peserta didik. Kedua, dalam berbagai kesempatan selalu mengingatkan peserta didik untuk selalu mematuhi tata tertib madrasah yang berlaku. Ketiga, memberikan kegiatan tambahan seperti bengkel sholat dan tadarus Al-Qur’an. Adapun faktor pendukung strategi kepala madrasah untuk meningkatkan budaya disiplin adalah tersedianya tenaga pengajar yang memadai. Kedua, lingkungan pendidikan yang nyaman. Faktor penghambat karena latar pelajar yang berbeda-beda dan kurangnya kesadaran siswa dalam mematuhi tata tertib madrasah. Dampak dampaknya terhadap peserta didik yaitu menjadi lebih disiplin dalam melaksanakan ibadah, serta bisa memperbaiki ibadahnya sesuai dengan ajaran agama. Terhadap guru dan karyawan yaitu kedisiplinan yang semakin meningkat, baik dalam hal ibadah maupun dalam melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.
Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah, Budaya Disiplin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Aminuliya Octa Yumanzah |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 02:05 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 02:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7792 |
Actions (login required)
View Item |