Pengembangan media pembelajaran video animasi berbantuan Power director pada materi zat aditif dan adiktif kelas VIII Smp/Mts

Rizqiyah, Sayyidatur (2022) Pengembangan media pembelajaran video animasi berbantuan Power director pada materi zat aditif dan adiktif kelas VIII Smp/Mts. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SAYYIDATUR RIZQIYAH_.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sayyidatur Rizqiyah, 2022 : Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbantuan Power Director Pada Materi Zat Aditif dan Adiktif Kelas VIII SMP/MTS.

Kata Kunci : Zat Aditif dan Adiktif, Video Animasi, Power Director

Zat Aditif dan Adiktif merupakan salah satu materi yang diajarkan dalam mata pembelajaran IPA pada siswa kelas VIII SMP/MTS. Bahwa kebanyakan guru masih menggunakan media yang sederhana dalam penerapan proses pembelajaran di kelas seperti penggunaan media gambar dan power point yang masih dominan tulisan disetiap lembarannya yang membuat siswa menjadi jenuh atau pasif, dan juga ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan. Fasilitas yang tersedia di sekolah, seperti proyektor dan laptop belum dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh guru yang hanya menggunakan media yang terbatas pada gambar dan lingkungan sekitar. Terbatasnya pengetahuan guru terhadap teknologi yang menjadi kendala dalam mengoperasikan komputer dan internet sehingga dalam mengembangkan media pembelajaran yang berbasis online maupun offline pun masih sebagian maka belum tersedia media berbasis video animasi

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui validitas pengembangan video animasi berbantuan powerdirector pada materi zat aditif dan adiktif, (2) Untuk mengetahui respons peserta didik terhadap pengembangan media berbasis video animasi berbantua media powerdirector yang telah dikembangkan peneliti.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollanda. Model ADDIE ini terdiri dari 5 tahapan yaitu : Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Namun pada penelitian peneliti tidak melakukan tahap evaluasi karena keterbatasan waktu. Jenis data dalam penelitian pengembangan berupa data kualitatif dan data kuantitatif.

Penelitian ini memperoleh produk berupa video animasi berbantuan powerdirector dengan hasil persentase validasi produk yang dilakukan oleh validator ahli materi, ahli media dan pengguna. Hasil validasi dari ahli materi 96,6%, hasil validasi ahli media 92,6%, dan hasil validasi oleh pengguna sebesar 93,6 % dengan kategori sangat valid pada setiap persentase oleh validator. Hasil Uji respons siswa skala kecil dengan jumlah 10 siswa adalah 97,1%, dan skala besar dengan jumlah 27 siswa adalah 90,1%, sehingga video animasi termasuk kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms SAYYIDATUR RIZQIYAH
Date Deposited: 30 Jun 2022 06:45
Last Modified: 30 Jun 2022 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7804

Actions (login required)

View Item View Item