M. Hidayatullah, Hidayatullah (2022) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jenggawah Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
M. Hidayatullah_NIM.T20171228.pdf Download (2MB) |
Abstract
M. Hidayatullah,2021: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Di
Smp Negeri 2 Jenggawah Tahun Ajaran 2020/2021
Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Mutu, Pandemi
Pada era globalisasi dewasa ini pendidikan menjadi sangat penting.
Setiap Negara mengutamakan pendidikan karena pendidikan itu sangat penting untuk pembangunan Negara dan penentu keberhasilan Negara. Indonesia juga mengutamakan pendidikan menjadi suatu hal yang sangat penting untuk kemajuan Negara Indonesia. Hal ini dicantumkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 alinea ke-IV yang berbunyi bahwa salah satu tujuan bangsa Indonesia ialah mencerdaskan kehidupan bangsa dan Negara guru pendidikan agama Islam disekolah mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses pendidikan agama Islam untuk menanamkan sikap keagamaan pada diri peserta didik. Seperti
yang dijelaskan oleh Zakiah Daradjah bahwa: Pendidikan agama Islam di sekolah sangat penting untuk pembinaan dan penyempurnaan pertumbuhan kepribadian anak didik
Adapun Fokus penelitian ini adalah: 1)Bagaimana strategi pengorganisasian guru PAI dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam pada masa pandemi di SMP Negeri 2 Jenggawah? 2)Bagaimana strategi penyampaian guru PAI dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam pada
masa pandemi di SMP Negeri 2 Jenggawah? 3)Bagaimana strategi pengelolaaan pengajaran guru PAI dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam pada masa pandemi di SMP Negeri 2?
Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mendeskripsikan strategi pengorganisasian guru PAI dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam pada masa pandemi 2)Untuk mendeskripsikan strategi penyampaian guru PAI dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam pada masa pandemi, 3) Untuk mendeskripsikan strategi pengelolaaan pengajaran guru PAI dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam pada masa pandemi di SMP Negeri 2 Jenggawah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang dilakukan di SMP Negeri 2 Jenggawah dimana Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi serta Pengumpulan data, Reduksi data, Display data, Verifikasi.Keabsahan data, Triagulasi tekhnik dan Sumber.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Strategi pengorganisasian guru PAI dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Jenggawah mengacu kepada pendekatan mikro dan makro dalam pengorganisasian seorang di kelas. Strategi penyampaian guru PAI
dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Jenggawah berupa media pembelajaran, interaksi antara seorang guru dan siswa serta bentuk kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien. Strategi pengelolaan pengajaran guru PAI dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Jenggawah berupa penjadwalan, pengelolaan motivasi serta control belajar proses KBM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hidayat Hidayat Dayat |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 02:00 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 02:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7871 |
Actions (login required)
View Item |