PENERAPAN TEKNIK PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAHAH IBTIDA’IYAH AL-HIDAYAH MANGLI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Syofyan, Wahyudi (2022) PENERAPAN TEKNIK PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAHAH IBTIDA’IYAH AL-HIDAYAH MANGLI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
Wahyudi Syofyan T20174095.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Wahyudi Syofyan 2022: Penerapan Teknik Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtida’iyah Al-Hidayah Mangli Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.

Penilaian autentik merupakan sebuah bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap, menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran dalam melakukan tugas pada situasi sesungguhnya. Di MI Al-Hidayah Mangli dalam kegiatan penilaian pendidik melakukan beberapa teknik penilaian autentik sesuai kompetensinya. Agar dapat mengetahui sebuah proses peserta didik dalam pembelajaran.
Fokus yang dikaji ada 3 yaitu, 1.Bagaimana penerapan teknik penilaian sikap dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtida’iyah Al-Hidayah Mangli Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 ? 2. Bagaimana penerapan teknik penilaian pengetahuan dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtida’iyah Al-Hidayah Mangli Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 ? 3. Bagaimana penerapan teknik penilaian keterampilan dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtida’iyah Al-Hidayah Mangli Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 ?. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk menjelaskan teknik penilaian sikap dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtida’iyah Al-Hidayah Mangli Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. 2. Untuk menjelaskan teknik penilaian penngetahuan dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtida’iyah Al-Hidayah Mangli Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. 3. Untuk menjelaskan teknik penilaian keterampilan dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtida’iyah Al-Hidayah Mangli Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yang digunakan adalah fenomenologi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini untuk menentukan subyek data dengan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori dari Miles, Huberman dan Sardana
Hasil dari penelitian ini Penerapan Teknik Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Tematik di MI Al-Hidayah Mangli Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 ini adalah 1. penerapan teknik penilaian sikap MI Al-Hidayah Mangli meliputi; observasi, penilaian diri dan penilaian antar teman. Pada tahap penilaian observasi pendidik memiliki sebuah catatan observasi. Penilaian jurnal pendidik tidak menggunakannya. Penilaian diri pendidik menggunakan sebuah angket. Tahapan penilaian antar teman pendidik mengetahuinya hanya dari informasi dari peserta didik. 2. penerapan teknik penilaian pengetahuan dalam MI Al-Hidayah Mangli meliputi; tes tulis, tes lisan dan penugasan. Pada tahap tes tulis pendidik melakukannya dengan soal. Tahapan penilaian tes lisan pendidik sering melakukannya pada akhir pembelajaran. Tahapan penilaian penugasan pendidik memberikan pekerjaan rumah. 3. penerapan teknik penilaian keterampilan MI Al-Hidayah Mangli meliputi; unjuk kerja/kinerja, dan portofolio. Tahap unjuk kerja pendidik melakukannya dengan membuat sebuah keterampilan. Tahapan dalam penilaian proyek pendidik tidak melakukannya. Tahapan dalam penilaian portofolio pendidik sering mengumpulkan karya-karya dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Wahyudi Syofyan
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:57
Last Modified: 27 Jun 2022 03:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7890

Actions (login required)

View Item View Item