Penerapan Metode Sa'adah Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Di MI Unggulan Nurul Islam (Nuris) Antirogo Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Raihatul Jannah, Agustin Indah (2022) Penerapan Metode Sa'adah Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Di MI Unggulan Nurul Islam (Nuris) Antirogo Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AGUSTIN INDAH RAIHATUL JANNAH_T20181288.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Sa‟adah, Pembelajaran Al-Qur‟an, MI Unggulan Nuris.
Negara Indonesia adalah negara yang populasi masyarakat muslim terbanyak, yang mana diharuskan untuk dapat mempelajari Al-Qur‘an dengan baik dan benar. Dalam hal ini dibutuhkan metode yang cocok dalam penerapannya, terutama jika ingin terfokus pada hal membaca dan menghafal Al-Qur‘an yang di mana banyak penduduk yang belum bisa membaca Al-Qur‘an kurang lebih 152 juta jiwa, dan yang sudah menghafal Al-Qur‘an sebanyak 30 juta jiwa. Maka dari iru pemilihan metode dalam pembelajaran Al-Qur‘an itu sangat penting, seperti menggunakan metode sa‘adah, yang mana metode ini merupakan
metode pembelajaran Al-Qur‘an yang terfokus pada hal membaca dan menghafal Al-Qur‘an
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana penerapan metode sa‘adah dalam pembelajaran membaca Al-Qur‘an di MI Unggulan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo Jember Tahun Pelajaran 2021/2022?, 2)Bagaimana penerapan metode sa‘adah dalam
pembelajaran menghafal Al-Qur‘an di MI Unggulan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo Jember Tahun Pelajaran 2021/2022?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan penerapan metode sa‘adah dalam pembelajaran membaca Al-Qur‘an di MI Unggulan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo Jember tahun pelajaran 2021/2022, 2) Mendeskripsikan penerapan metode sa‘adah dalam pembelajaran menghafal Al-Qur‘an di MI Unggulan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Antirogo Jember
tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : wawancara semi struktur, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan ada 3, yaitu : reduksi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian yang diperoleh berupa : 1) Pembelajaran membaca Al-Qur‘an terfokus pada kata sam‟a, abshor, dan af‟idah yang melalui kegiatan dadu hajma (datang, duduk, dan membaca juz amma), TPA wajib dengan media yang
digunakan berupa tilawati 1-6 berdasarkan kelompok yang sudah dibagi sebelumnya, 2)Pembelajaran menghafal Al-Qur‘an terfokus pada kata sam‟a, abshor, dan af‟idah yang melalui pengulangan ayat pada kegiatan dadu hajma, dan TPA wajib

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Agustin Indah Raihatul Jannah
Date Deposited: 29 Jun 2022 06:55
Last Modified: 29 Jun 2022 06:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7917

Actions (login required)

View Item View Item