Manajemen sumberdaya pendidik dalam meningkatkan profesionalisme guru di SD Muhammadiyah 1 Jember

Sudahri, Sudahri (2022) Manajemen sumberdaya pendidik dalam meningkatkan profesionalisme guru di SD Muhammadiyah 1 Jember. Masters thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SUDAHRI_0849118050.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sudahri 2022 : Judul Manajemen Sumberdaya Pendidik Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SD Muhammadiyah 1 Jember

Kata Kunci : Manajemen Sumberdaya Pendidik Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru

Sumber daya pendidik paling menentukan bagi sekolah dalam menjalankan peranannya untuk melayani kepentingan sekolah sedangkan manajemen merupakan strategi tata kelola yang efektif dengan tenaga pendidik yang profesionalisme dalam mencapai tujuan sekolah.
Fokus penelitian : 1). Bagaimana konsep perencanaan pengelolaan sumberdaya pendidik dalam meningkatkan Profesionalisme Guru di SD Muhammadiyah 1 Jember ? 2). Bagaimana rekrutmen dan seleksi manajemen sumberdaya pendidik dalam meningkatkan Profesionalisme Guru di SD Muhammadiyah 1 jember ? 3). Bagaimana pelatihan dan pengembangan manajemen sumberdaya pendidik dalam meningkatkan Profesionalisme Guru di SD Muhammadiyah 1 jember ?
Tujuan penelitian ini : 1). Untuk mendeskripsikan Konsep perencanaan pengelolaan sumberdaya pendidik dalam meningkatkan Profesionalisme Guru pendidik di SD Muhammadiyah 1 Jember 2). Untuk mendeskripsikan rekrutmen dan seleksi manajemen sumberdaya pendidik dalam meningkatkan Profesionalisme Guru di SD Muhammadiyah 1 jember. 3). Untuk mendeskripsikan pelatihan dan pengembangan manajemen sumberdaya pendidik dalam meningkatkan Profesionalisme Guru di SD Muhammadiyah 1 jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenisnya study kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara : (1) Observasi (2) Wawancara dan (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model intraktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : (1) pengumpulan data, (2) Kondensasi data, (3) penyajian data dan, (4) penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi dan member chek. Triangulasi yang digunakan ada dua yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode
Hasil Temuan : 1) Konsep perencanaan SD Muhammadiyah 1 Jember : Setiap awal tahun pelajaran semua wakil kepala sekolah membuat rencana kegiatan dan anggaran sekolah dan salah satunya adalah kurikulum yang didalamnya ada yang menghandle tentang kebutuhan dan pengembangan sumber daya Pendidik dan merencanakan melakukan rekrutmen maka terlebih dahulu dilakukan pemetaan jam pelajaran sehingga diketahui akan kebutuhan terhadap guru serta untuk sosialisasi dan rekrutmen ini kurang lebih satu bulan. 2). Rekrutmen dan seleksi di SD Muhammadiyah 1 jember : a) Pola rekrutmen yang diterapkan secara terbuka dan cukup mudah. yaitu informasi bisa di dapat dari setiap guru, penyebaran brosur dan media sosial. Proses rekrutmen menerapkan prinsip profesionalisme dan transparansi. b) Seleksi yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Jember meliputi seleksi administrasi, wawancara dan praktek mengajar. 3). Pelatihan dan pengembangan di SD Muhammadiyah 1 jember : Maka untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi guru tersebut sekolah mengadakan pelatihan dan workshop yang diadakan Majlis Dikdasmen ataupun instansi lainnya dengan harapan potensi dan pengetahuan guru lebih meningkat dan berkembang sehingga mempunyai efek positif terhadap kemajuan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Bapak Sudahri Akmal
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:23
Last Modified: 27 Jun 2022 04:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7944

Actions (login required)

View Item View Item