Yulia, Ayu (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI BERDASARKAN TEORI POLYA DALAM MENYELESAIKAN TES PEMECAHAN MASALAH MATRIKS DI MAN 2 KOTA PROBOLINGGO DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
YULIA AYU RICASIWI_NIM. T20187040.pdf Download (3MB) |
Abstract
Yulia Ayu Ricasiwi, 2022: Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI Berdasarkan Teori Polya dalam Menyelesaikan Tes Pemecahan Masalah Matriks di MAN 2 Kota Probolinggo Ditinjau Dari Gaya Kognitif.
Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Masalah Matematika, Teori Polya, Gaya Kognitif.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana kemampuan analisis pemecahan masalah yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Untuk lebih mendukung dan memaksimalkan dalam menganalisis kemampuan pemecahan masalah diperlukannya langkah teori polya. Setiap siswa memiliki karakteristik berbeda-beda berdasarkan gaya kognitif dibedakan menjadi dua yakni Field Dependent dan Field Independent.
Fokus penelitian ini adalahuntuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI berdasarkan teori polya dalam menyelesaikan tes pemecahan masalah matriks di MAN 2 Kota Probolinggo ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI berdasarkan teori polya dalam menyelesaikan tes pemecahan masalah matriks di MAN 2 Kota Probolinggo ditinjau dari gaya kognitif
Jenis penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang dilakukan di MAN 2 Kota Probolinggo. Dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan 6 subjek penelitian.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi, untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber, dimana tes yang diberikan sebanyak dua kali, pertama tes GEFT kemudian tes pemecahan masalah. Teknik analisis menggunakan teknik analisis data Miles, Huberman dan Saldana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) subjek FD yaitu S1, S2 dan S3 mendapatkan kategori kemampuan pemecahan masalah pada tingkat kurang. Subjek FI yaitu S4, S6 berada pada tingkat cukup dan S5 pada tingkat baik. Subjek FD hanya mampu menyelesaikan sampai pada tahapan pelaksanaan rencana saja sedangkan subjek FI melaksanakan semua tahapan pemecahan masalah. Pada tahap memahami masalah Subjek FD dan FI sama-sama mampu menyebutkan dan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan walaupun kurang lengkap. Pada tahap penyusunan rencana Subjek FD dan FI dapat menentukan strategi apa yang digunakan dalam menyelesaikan tes pemecahan masalah. Pada tahap pelaksanaan rencana subjek FD tidak mampu melaksanakan sesuai dengan strategi yang ditentukan pada tahap menyusun rencana. Pada tahap melihat kembali subjek FI cenderung menuliskan kesimpulan di akhir jawaban dan melakukan pemeriksaan kembali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Yulia Ayu Ricasiwi |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 07:06 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 07:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8007 |
Actions (login required)
View Item |