Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Lectora Inspire Terhadap Minat Belajar Fiqih Pada Siswa Kelas X di MA Nurus Sholah Yosowilangun, Lumajang

Farah Fitriatuz, Zakiah (2021) Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Lectora Inspire Terhadap Minat Belajar Fiqih Pada Siswa Kelas X di MA Nurus Sholah Yosowilangun, Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq jember.

[img] Text
Farah Fitriatuz Zakiyah_T20171064.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Farah Fitriatuz Zakiah, 2021: Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Lectora Inspire Terhadap Minat Belajar Fiqih Pada Siswa Kelas X di MA Nurus Sholah Yosowilangun, Lumajang.

Kata Kunci: media pembelajaran, lectora inspire, minat belajar, fiqih

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pra penelitian di MA Nurus Sholah Yosowilangun, Lumajang yang terdiri dari 40 siswa kelas X, hanya 28 % peserta didik yang minat belajarnya tinggi. Peneliti merasa tertarik meneliti fenomena tersebut dari sudut pandang berpangaruh tidaknya media pembelajaran yang diterapkan terhadap minat belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran lectora inspire terhadap minat belajar fiqih pada siswa kelas X di MA Nurus Sholah Yosowilangun, Lumajang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran lectora inspire terhadap minat belajar fiqih pada siswa kelas X di MA Nurus Sholah Yosowilangun, Lumajang.
Adapun pendekatan yang penulis gunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Kuesioner sebagai instrumen penelitian dilakukan untuk memperoleh data X dan Y dan kemusian dianalisis dengan teknik analisis regresi satu prediktor dengan skor deviasi.
Sementara itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Eksperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 36 siswa yang terbagi dalam dua kelas. Dan kemudian diambil 2 kelas sebagai sampel. Teknik analisis data menggunakan rumus ‘T-test’. Perhitungan yang digunakan adalah analisis perbandingan skor post test dari kelas kontrol dengan kelas eksprimen. Harga signifikansi perbandingan post test sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor post test kelas kontrol dengan dengan skor post test kelas eksperimen.
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran aplikasi Lectora Inspire berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar fiqih pada siswa kelas X di MA Nurus Sholah Yosowilangun, Lumajang. Minat belajar fiqih peserta didik yang diajar dengan menggunakan media lectora inspire lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media lectora inspire.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farah Fitriatuz Zakiah
Date Deposited: 29 Jun 2022 04:12
Last Modified: 29 Jun 2022 04:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8132

Actions (login required)

View Item View Item