Kumala, Dewi Fatma (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DITINJAU DARI MINAT BELAJAR DAN GENDER KELAS X IPA 1 SMA TUNAS LUHUR PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI Achmad Shiddiq Jember.
Text
WATERMAK DEWI.pdf Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK
Dewi Fatma Kumala, 2022: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal
Cerita Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Ditinjau Dari Minat Belajar Dan
Gender Kelas X Ipa 1 Sma Tunas Luhur Probolinggo
Kata kunci: kesalahan, soal cerita, minat belajar siswa, gender.
Kesalahan dalam pemecahan masalah peserta didik sering kali terjadi
dalam proses pembelajaran, terlebih lagi pada proses pemecahan masalah soal
cerita yang terintegrasi kontekstual pada materi sistem persamaan linear tiga
variabel (SPLTV). Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian terkait kesalahan
siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLTV ditinjau dari minat
belajar siswa dan gender. Dalam penelitian ini, analisis kesalahan siswa
didasarkan pada prosedur Newman.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana
kesalahan pemecahan masalah siswa laki-laki yang mempunyai minat belajar
tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLTV
berdasarkan prosedur Newman? 2) bagaimana kesalahan pemecahan masalah
siswa perempuan yang mempunyai minat belajar tinggi, sedang dan rendah dalam
menyelesaikan soal cerita pada materi SPLTV berdasarkan prosedur Newman?.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan kesalahan pemecahan
masalah siswa baik laki-laki maupun peremppuan yang mempunyai minat belajar
tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLTV
berdasarkan prosedur Newman.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek
penelitian yang diambil sebanyak 12 siswa kelas X IPA 1 SMA Tunas Luhur
Probolinggo dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data
dilakukan melalui angket minat belajar, tes tertulis materi SPLTV, wawancara
berdasarkan prosedur Newman dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
analasis data model Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan
triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Siswa yang
mempunyai minat belajar tinggi dan sedang melakukan kesalahan keterampilan
serta kesalahan penulisan jawaban akhir sedangkan siswa dengan minat belajar
rendah melakukan kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan serta kesalahan
penulisan jawaban akhir. 2) Siswi yang mempunyai minat belajar tinggi dan
sedang melakukan kesalahan keterampilan serta kesalahan penulisan jawaban
akhir. Siswi dengan minat rendah melakukan kesalahan memahami, kesalahan
transformasi, kesalahan keterampilan serta kesalahan penulisan jawaban akhir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Dewi Fatma Kumala |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 03:32 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 03:32 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8161 |
Actions (login required)
View Item |