PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ MATA PELAJARAN BAHASA USING KELAS V DI MI NEGERI 1 BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2022/2022

Risa, Permatasari (2022) PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ MATA PELAJARAN BAHASA USING KELAS V DI MI NEGERI 1 BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2022/2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI RISA AYU PERMATASARI T20174026.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI RISA AYU PERMATASARI T20174026.pdf

Download (5MB)

Abstract

Risa Ayu Permatasari, 2021 : Penggunaan Aplikasi Quizizz Mata Pelajaran
Bahasa Using Kelas V Di MI Negeri 1 Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022.
Memasuki Tahun Ajaran semester ganjil MI Negeri 1 Banyuwangi
menerapkan pembelajaran daring sebagai pengganti pembelajaran saat musim
pandemi. Salah satu pembelajarannya adalah pembelajaran bahasa using sebagai
pembelajaran muatan lokal. Pembelajaran bahasa using ini dilakukan setiap dua
minggu sekali pada hari jum’at dengan menggunakan aplikasi quizizz.
Penggunaan aplikasi quizizz ini diharapkan agar pembelajaran tetap berlangsung
meskipun di musim pendemi, dengan penggunaan aplikasi quizizz dapat
memberikan pemahaman ke siswa mengenai pembelajaran bahasa using.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan penggunaan
aplikasi quizizz mata pelajaran bahasa using kelas V di MI Negeri 1 Banyuwangi.
2) Bagaimana pelaksanaan penggunaan aplikasi quizizz mata pelajaran bahasa
using kelas V di MI Negeri 1 Banyuwangi. 3) Apa sajakah kelebihan serta
kekurangan aplikasi quizizz.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan
penggunaan aplikasi quizizz mata pelajaran bahasa using kelas V di MI Negeri 1
Banyuwangi. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan aplikasi quizizz
mata pelajaran bahasa using kelas V di MI Negeri 1 Banyuwangi. 3) Untuk
mendeskripsikan kelebihan serta kekurangan aplikasi quizizz.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis
penelitian adalah Studi Kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik
Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,
dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan Kondensasi Data
(Data Condensation), Menyajikan Data (Data Display), dan Menarik Kesimpulan
atau Verifikasi (Conclusion Drawing and Verification). Keabsahan data dalam
penelitian ini menggunakan Trianggulasi teknik dan Trianggulasi sumber
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan penggunaan
aplikasi quizizz pembelajaran bahasa using dilakukan guru dengan menetapkan
silabus dan rpp selama satu semester, serta menyiapkan aplikasi quizizz. 2)
Pelaksanaan penggunaan aplikasi quizizz pembelajaran bahasa using meliputi
guru menyiapkan soal-soal di aplikasi quizizz. 3) Kelebihan dan kekurangan
penggunaan aplikasi quizizz pada mata pelajaran bahasa using di MI Negeri 1
banyuwangi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Depositing User: Risa Permatasari Risa Ayu Permatasari
Date Deposited: 01 Jul 2022 09:12
Last Modified: 01 Jul 2022 09:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8165

Actions (login required)

View Item View Item