Isna, Inayati Elma (2022) Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Media Manipulatif (Roda Pintar Trigonometri) .Terhadap Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas X di SMK Al Hasan Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Text
Isna_skripsi_finish.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penggunaan media pembelajaran sangat membantu untuk menumbuhkan
sikap positif dalam matematika peserta didik atau dikenal dengan disposisi
matematis. Media yang menarik dan dapat diotak-atik secara langsung
diharapkan membantu perolehan pengetahuan yang lebih berkesan dibanding
lewat penjelasan oleh pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)
Mendeskripsikan kemampuan disposisi matematis peserta didik kelas X SMK Al
Hasan Tahun Pelajaran 2021/2022 sebelum pembelajaran matematika
menggunakan media manipulatif, (2) Mendeskripsikan kemampuan disposisi
matematis peserta didik kelas X SMK Al Hasan Tahun Pelajaran 2021/2022
setelah pembelajaran matematika menggunakan media manipulatif, dan (3)
Mengetahui perbedaan yang signiifikan pada kemampuan disposisi matematis
pada peserta didik kelas X SMK Al Hasan Tahun Pelajaran 2021/2022 sebelum
dan sesudah pembelajaran matematika menggunakan media manipulatif.
Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan
rancangan penelitian one group pretest-postest design. Pengambilan sampel
dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah
angket, dimana pre-angket untuk mengukur kemampuan disposisi matematis
awal sebelum diberikan perlakuan dan post-angket digunakan untuk mengukur
kemampuan disposisi matematis setelah diberikan perlakuan. Analisis data yang
digunakan adalah Paired Sample t-test dengan uji prasyarat uji normalitas dan uji
homogenitas serta effect size untuk mengukur seberapa besar pengaruh media
manipulatif terhadap disposisi matematis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perolehan skor angket disposisi
matematis peserta didik sebelum pembelajaran menggunakan media manipulatif
roda pintar trigonometri (pre-angket) memiliki rata-rata 68,73, (2) Perolehan
skor angket disposisi matematis peserta didik setelah pembelajaran
menggunakan media manipulatif roda pintar trigonometri (post-angket) memiliki
rata-rata 74,80, (3) Skor angket disposisi matematis setelah pembelajaran
matematika menggunakan media manipulatif roda pintar trigonometri lebih
tinggi dibandingkan sebelum pembelajaran menggunakan media manipulatif
roda pintar trigonometri. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji Paired Sample t-Test
pada taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung sebesar 7,321 dan ttabel sebesar 2,059
yang berarti thitung > ttabel serta hasil perhitungan effect size dengan nilai Es
sebesar 1,119 yang berarti Es (1,119) > 0,8. Dari hasil pengujian yang diperoleh
maka disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran matematika menggunakan
media manipulatif roda pintar trigonometri terhadap disposisi matematis peserta
didik kelas X di SMK Al Hasan Jember.
Kata Kunci: Media Manipulatif, Roda Pintar Trigonometri, dan Disposisi
Matematis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010504 Mathematical Aspects of General Relativity 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies |
Depositing User: | Isna Inayati Elma |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 03:18 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 03:18 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8252 |
Actions (login required)
View Item |