Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII MTsN 1 Banyuwangi

Nuris, Salsabila Faradisa (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII MTsN 1 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Salsabila Faradisa Nuris_T201810065.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salsabila Faradisa Nuris, 2022: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII MTsN 1 Banyuwangi
Kata kunci: PjBL, kemampuan berpikir kritis

Proses pembelajaran di MTsN 1 Banyuwangi masih menggunakan metode pembelajaran konvensional atau berpusat pada guru. Metode tersebut kurang memadai dalam proses pembelajaran IPA untuk pengembangan keterampilan, kemampuan berpikir tingkat tinggi, serta kemampuan berkomunikasi secara aktif ketika proses pembelajaran. Hal tersebut juga berdampak pada hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai dibawah rata-rata. Salah satu alternatif yang diharapkan untuk memperbaiki proses pembelajaran agar menjadi efektif dan efisien, melibatkan siswa berperan aktif dan inovatif yaitu dengan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Model PjBL adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan suatu proyek yang dilakukan secara individu maupun secara kelompok yang dilaksanakan dalam waktu tertentu.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII MTSN 1 Banyuwangi? 2) Apakah ada pengaruh model PjBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII MTSN 1 Banyuwangi?. Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII MTSN 1 Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui pengaruh model PjBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII MTSN 1 Banyuwangi.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan design Quasi Eksperimental jenis Non-equivalent Control Group Design. Teknik sampling menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis kelas VII MTsN Banyuwangi masih dalam kategori rendah sebelum diterapkannya model PjBL. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t (t-test) posttest siswa signifikansi yang dilihat dari sig (2-tailed) 0,00 yang mana 0,00 < 0,05 yang berarti model PjBL memiliki pengaruh yang besar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII MTsN 1 Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0399 Other Chemical Sciences > 039901 Environmental Chemistry (incl. Atmospheric Chemistry)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Salsabila Faradisa Nuris
Date Deposited: 30 Jun 2022 08:49
Last Modified: 30 Jun 2022 08:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8275

Actions (login required)

View Item View Item