Pengaruh game interakttif quizwhizzer terhadap peningkatan hasil belajar materi tata surya pada siswa MTs Negeri Kota Probolinggo

Trias, Mohammad Malik (2022) Pengaruh game interakttif quizwhizzer terhadap peningkatan hasil belajar materi tata surya pada siswa MTs Negeri Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
WATERMAK MALIK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar mata pelajaran IPA siswa MTs Negeri Kota Probolinggo khususnya pada materi Tata surya masih relatif rendah serta cara mengajar guru IPA di sekolah masih menggunakan metode yang konvensional. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi hal ini adalah menggunakan media pembelajaran yang menarik. Salah satu metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar yaitu menggukan media game seperti game interaktif Quizwhizzer dalam mengajar di kelas. Game interaktif Quizwhizzer merupakan salah satu solusi untuk dijadikan media pembelajaran yang digemari oleh siswa

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimana hasil belajar siswa pada materi tata surya dengan menggunakan game interaktif Quizwhizzer?. 2) apakah ada pengaruh penggunaan game interaktif terhadap hasil belajar siswa dalam materi tata surya menggunakan Quizwhizzer?.

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi tata surya dengan menggunakan game interaktif Quizwhizzer 2) Untuk mengkaji pengaruh penggunaan game interaktif terhadap hasil belajar siswa dalam materi tata surya menggunakan Quizwhizzer

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Populasi yang digunakan yakni siswa kelas VII MTs Negeri Kota Probolinggo dengan sampel sebanyak 62 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.. Penelitian dilakukan pada tanggal 12 Mei 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Data yang diolah menggunakan independen sampel t test

Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) hasil belajar siswa yang kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran dengan game interaktif Quizwhizzer mengalami peningkatan yang tinggi dari nilai rata-rata 74,84 menjadi 83.00 sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran tanpa game interaktif Quizwhizzer mengalami peningkatan yang relatif kecil dari nilai rata-rata 68,77 menjadi 69,77. 2) hasil belajar siswa di kelas eksperimen adalah 83.00 sedangkan di kelasn kontrol 69.77. Dari hasil kedua sampel tersebut di peroleh selisih sebesar 13,23 serta perbandingan uji independen sampel t-test diperoleh perbandingan t hitung (4,862) > t tabel (2,000). Dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh game interaktif Quizwhizzer terhadap peningkatan hasil belajar materi tata surya pada siswa MTs Negeri Kota probolinggo.

Kata Kunci: Game Interaktif Quizwhizzer, Hasil Belajar Siswa, Tata Surya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020109 Space and Solar Physics
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mr Mohammad Malik Trias
Date Deposited: 09 Aug 2022 02:33
Last Modified: 09 Aug 2022 02:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8276

Actions (login required)

View Item View Item