Sugiyanto, Nafi'il Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Oleh Guru PAI dan BK dalam membentuk karakter siswa di SMA PGRI Purwoharjo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Oleh Guru PAI dan BK dalam membentuk karakter siswa di SMA PGRI Purwoharjo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022.
Text
Skripsi Niluh Nafi'ul Maulida.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Niluh Nafi’ul Maulida, 2022. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Oleh Guru PAI dan BK Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SMA PGRI Purwoharjo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022.
Konteks penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya karakter religius dan disiplin siswa di zaman modern ini. Oleh karena itu pembentukan nilai karakter sangat diperlukan. Hal ini juga yang diterapkan di SMA PGRI Purwoharjo dalam membentuk karakter religius dan disiplin dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) yang dikolaborasikan oleh guru PAI dan BK.
Berdasarkan permasalahan di atas, untuk membentuk karakter religius dan disiplin, guru berupaya menerapkannya dalam pembelajaran didalam kelas dan kegiatan diluar kelas dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL), dengan berlandaskan fokus penelitian berikut: (1) Bagaimana penerapan model Problem Based Learning (PBL) oleh guru PAI dan BK dalam membentuk karakter siswa di SMA PGRI Purwoharjo Banyuwangi? (2) Bagaimana penerapan model Problem Based Learning (PBL) oleh guru PAI dan BK dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMA PGRI Purwoharjo Banyuwangi?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana. Untuk membuktikan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dilakukan oleh guru PAI dan BK dalam menanamkan karakter religius pada siswa, yaitu dengan pemberian masalah yang berkaitan dengan karakter religius siswa didalam pembelajaran, dan diluar pembelajaran guru PAI dan BK berkolaborasi dengan memberikan kegiatan positif berupa kegiatan khotmil Qur’an, pembacaan asmaul husna sebelum pembelajaran dan kegiatan keagaan lainnya. (2) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dilakukan oleh guru PAI dan BK dalam menanamkan karakter disiplin pada siswa dengan memberikan sebuah permasalahan dari dunia nyata dalam pembelajaran PAI dan BK kemudian dipecahkan sendiri oleh siswa berkaitan dengan nilai karakter disiplin. Guru PAI dan BK juga berkolaborasi dalam membentuk karakter disiplin yang diterapkan didalam kelas seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pembelajaran, juga menanamkan nilai disiplin diluar pembelajaran berupa pemberian kegiatan positif dan peraturan yang wajib diikuti oleh guru dan siswa seperti penanaman 5S (Senyum, salam, sapa, sopan, santun).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Depositing User: | Niluh Nafi'ul Maulida |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 03:33 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 03:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8287 |
Actions (login required)
View Item |